TY - GEN N1 - Laporan Penelitian Unggulan UNY 2015 N2 - Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan model penilaian berbasis scientific approach (PEKA) yang menunjang implementasi kurikulum 2013, (2) meningkatkan keterampilan mahasiswa calon guru SD dalam menyusun evaluasi berbasis scientific approach, (3) mengukur kesiapan mahasiswa calon guru SD dalam implementasi kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model prosedural 4D, ?Four-D?s Model of instructional design? dari Thiagarajan. Prosedur penelitian pada model ini terdiri atas 4 (empat) fase pengembangan yakni: (1) definisi (define), (2) desain (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) ujicoba (disseminate). Namun demikian, pada penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahapan pengembangan dengan ujicoba terbatas dalam kelas kecil yang melibatkan mahasiswa S1 PGSD semester IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) telah dihasilkan model penilaian berbasis scientific approach (PEKA) yang dapat diterapkan di SD dan mendukung implementasi Kurikulum 2013; (2) mahasiswa calon guru SD memiliki peningkatan keterampilan dalam mengembangkan penilaian hasil belajar; dan (3) belum seluruhnya mahasiswa calon guru SD memiliki kesiapan dalam implementasi Kurikulum 2013 khususnya dalam komponen penilaian. Y1 - 2015/// A1 - Woro Sri Hastuti, M.Pd. A1 - Supartinah, M.Hum A1 - Sekar Purbarini Kawuryan, SIP. ID - UNY36785 TI - PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PEKA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA PERKULIAHAN PENDIDIKAN IPA UNTUK MENGUKUR KESIAPAN MAHASISWA CALON GURU SD DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 AV - public KW - scientific approach KW - PEKA KW - evaluasi UR - http://eprints.uny.ac.id/36785/ ER -