%0 Generic
%A Mundilarto, Mundilarto
%A Suharyanto, M.Pd
%A LPPM UNY,
%D 2015
%F UNY:36773
%K outdoor learning, sikap spiritual dan sikap sosial, pembelajaran fisika
%T PENGEMBANGAN  MODEL OUTDOOR LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN  SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN FISIKA
%U http://eprints.uny.ac.id/36773/
%X Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan pedoman pengelolaan model   outdoor learning sebagai upaya menumbuhkan sikap spiritual dan sosial melalui  implementasi pembelajaran fisika. Produk berupa buku panduan pengembangan model  terdiri atas deskripsi tentang pelaksanaan outdoor learning dan pengembangan perangkat  pembelajarannya yang mencakup silabus, RPP, LKS, serta instrumen penilaian sikap  spiritual dan sosial.      Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah  pendekatan research and development. Subjek penelitiannya adalah siswa di kelas X dan  XI MIA pada empat sekolah SMA di Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan melalui  tahapan analisis kebutuhan, analisis kharakteristik siswa, analisis kurikulum melalui  identifikasi kompetensi dasar, dan indikator, serta konsep-konsep fisika yang cocok  dengan outdoor learning, serta tahap perancangan awal produk dan validasi produk.    Kesimpulan penelitian perangkat pembelajaran fisika model outdoor learning  berbasis game, fieldwork,  project, dan role playing berturut-turut pada materi elastisitas,  fluida dinamis, hidrostatika, dan gerak melingkar berdasarkan penilaian dari validator  yaitu dosen dan guru fisika di SMA dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran  fisika untuk menumbuhkan kompetensi inti terutama sikap spiritual dan sikap sosial.  Model pembelajaran outdoor learning berbasis game, fieldwork,  project, dan role  playing berturut-turut pada materi elastisitas, fluida dinamis, hidrostatika, dan gerak  melingkar dapat menumbuhkan kompetensi inti terutama sikap spiritual dan sikap sosial  dengan persentase ketercapaian yang tinggi. Dihasilkan buku pedoman pengelolaan  model outdoor learning berbasis game, fieldwork,  project, dan role playing berturutturut    pada materi elastisitas, fluida dinamis, hidrostatika, dan gerak melingkar untuk  pencapaian kompetensi inti terutama sikap spiritual dan sikap sosial.
%Z Laporan Penelitian Unggulan UNY 2015