@misc{UNY36773,
            note = {Laporan Penelitian Unggulan UNY 2015},
            year = {2015},
           title = {PENGEMBANGAN  MODEL OUTDOOR LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN
SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN FISIKA},
          author = {Mundilarto Mundilarto and M.Pd Suharyanto},
        keywords = {outdoor learning, sikap spiritual dan sikap sosial, pembelajaran fisika},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/36773/},
        abstract = {Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan pedoman pengelolaan model 
outdoor learning sebagai upaya menumbuhkan sikap spiritual dan sosial melalui
implementasi pembelajaran fisika. Produk berupa buku panduan pengembangan model
terdiri atas deskripsi tentang pelaksanaan outdoor learning dan pengembangan perangkat
pembelajarannya yang mencakup silabus, RPP, LKS, serta instrumen penilaian sikap
spiritual dan sosial.   
 Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan research and development. Subjek penelitiannya adalah siswa di kelas X dan
XI MIA pada empat sekolah SMA di Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan melalui
tahapan analisis kebutuhan, analisis kharakteristik siswa, analisis kurikulum melalui
identifikasi kompetensi dasar, dan indikator, serta konsep-konsep fisika yang cocok
dengan outdoor learning, serta tahap perancangan awal produk dan validasi produk.  
Kesimpulan penelitian perangkat pembelajaran fisika model outdoor learning
berbasis game, fieldwork,  project, dan role playing berturut-turut pada materi elastisitas,
fluida dinamis, hidrostatika, dan gerak melingkar berdasarkan penilaian dari validator
yaitu dosen dan guru fisika di SMA dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran
fisika untuk menumbuhkan kompetensi inti terutama sikap spiritual dan sikap sosial.
Model pembelajaran outdoor learning berbasis game, fieldwork,  project, dan role
playing berturut-turut pada materi elastisitas, fluida dinamis, hidrostatika, dan gerak
melingkar dapat menumbuhkan kompetensi inti terutama sikap spiritual dan sikap sosial
dengan persentase ketercapaian yang tinggi. Dihasilkan buku pedoman pengelolaan
model outdoor learning berbasis game, fieldwork,  project, dan role playing berturutturut

pada materi elastisitas, fluida dinamis, hidrostatika, dan gerak melingkar untuk
pencapaian kompetensi inti terutama sikap spiritual dan sikap sosial.}
}