%T Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Games Berbantuan Komputer Materi Hidrokarbon untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Suruh, Kabupaten Semarang %I UNY %D 2012 %K pengembangan, media pembelajaran puzzle games, sikap %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas media pembelajaran puzzle games yang dikembangkan, (2) keefektifan media pembelajaran puzzle games dalam meningkatkan prestasi belajar, dan (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran puzzle games dalam meningkatkan sikap peserta didik terhadap pembelajaran kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Suruh,, Kabupaten Semarang berjumlah 53 orang terdiri atas sembilan peserta didik untuk uji terbatas dan 44 peserta didik untuk uji coba lapangan (22 peserta didik untuk kelompok eksperimen dan 22 peserta didik untuk kelompok kontrol). Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi media untuk ahli materi, ahli media, teman sejawat, serta pengguna (pendidik dan peserta didik) untuk mengetahui kualitas media pembelajaran puzzle games, angket sikap untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan sikap peserta didik terhadap pembelajaran kimia, serta tes prestasi belajar untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran puzzle games dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran puzzle games yang dihasilkan layak sebagai media pembelajaran kimia berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dengan skor total 98 (baik), validasi oleh ahli media dengan skor total 73 (baik), validasi oleh pendidik dan teman sejawat dengan skor total 434 (baik), validasi oleh peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan dengan skor rerata 4,01 (baik) dan 4,03 (baik); (2) media pembelajaran puzzle games efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik yang ditunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan media puzzle games dan LKS dengan peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan media molymod dan LKS dengan p = 0,003 pada α = 0,05; dan (3) media puzzle games dalam meningkatkan sikap peserta didik terhadap pembelajaran kimia yang ditunjukkan adanya perbedaan sikap peserta didik terhadap pembelajaran kimia yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan media pembelajaran puzzle games dan LKS dengan sikap peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan media molymod dan LKS dengan p = 0,020 pada α = 0,05. Dengan demikian media pembelajaran puzzle games layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran kimia materi hidrokarbon. %A Sri Hartatik %L UNY36766