@misc{UNY36712,
            year = {2015},
            note = {Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2015},
          author = {Sofyan Herminarto and Dr. Wagiran and M.Pd. Kokom Komariah},
           title = {PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM
BASED LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 
2013 DI SMK},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/36712/},
        keywords = {Kurikulum 2013, SMK, Probem Based Learning},
        abstract = {Kurikulum2013 sebagai suatu kebijakan baru, mulai diterapkan pada tahun 2014 di
semua jenjang dan jalur pendidikan termasuk di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu
karakteristik khas dari implementasi Kurikulum 2013 khususnya di SMK adalah penerapan
pembelajaran scientific, discovery, project based learning, dan problem based learning. Melalui
penerapan pembelajaran inovatif tersebut diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang
memiliki kompetensi utuh baik aspek knowledge, psikomotor, maupun attitude. Namun demikian
sangat disayangkan, hingga saat ini belum ada model-model pembelajaran yang dimaksud
sebagai rujukan bagi guru maupun SMK dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran problem based learning dalam
implementasi Kurikulum 2013 di SMK yang teruji secara teoritik maupun empirik.  
             Penelitian dirancang  menggunakan pendekatan Research and Development dari Borg \&
Gall (1989) dengan tahap-tahap: (1) seleksi model pembelajaran melalui literature review, dan
studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) FGD untuk menentukan bentuk dan model
pembelajaran; (4) work shop untuk merancang dan membuat model pembelajaran berikut
perangkatnya; (5) validasi; (6) ujicoba dan monitoring; (7) refleksi dan rencana tindak lanjut; (8)
penerapan model pembelajaran, (9) pengujian di lapangan; (10) revisi dan validasi; (11) produk
akhir, dan (12) Deseminasi dan publikasi.Sumber data dalam penelitian ini meliputi
stakeholders, perumus kebijakan, kepala sekolah, guru, siswa, dan ahli pendidikan. Penerapan
model direncanakan  di 5 SMK dengan metode eksperimen. Data dikumpulkan dengan teknik
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Analisis data dilakukan secara kuantitatif
yaitu  deskriptif, dan komparatif. 
Hasil penelitian tahun pertama menunjukkan bahwa: (a) Hasil analisis deskriptif
menunjukkan bahwa PBL sangat potensial diterapkan dalam penerapan Kurikulum 2013 di
SMK. Kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 termasuk dalam kategori tinggi
dengan harga rerata sebesar 96,73 dan pencapaian skor 71,9\%. Kesesuaian implementasi
pembelajaran dalam penerapan Kurikulum 2013 termasuk kategori tinggi dengan rerata 152,26
dan pencapaian skor 78,40\%. Sebagian besar guru menyatakan bahwa PBL layak diterapkan di
setiap mata pelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013; (b) Telah dihasilkan model
implementasi PBL dalam penerapan Kurikulum 2013. Penerapan PBL selaras dan mampu
menyempurnakan implementasi pendekatan saintifik terutama dalam hal menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah; (c) Hasil uji kelayakan model menunjukkan bahwa
model PBL memiliki kelayakan: dalam aspek kesesuaian model sebesar 2,9 (baik), aspek format
model 3,03 (baik), dan aspek kemampuan model sebesar 3,22 (baik).}
}