%T Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab di SMP Negeri 2 Windusari Kabupaten Magelang %I UNY %D 2016 %K Pramuka, karakter, dan tanggung jawab %X Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap: (1) peran kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik, (2) metode-metode yang digunakan dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan esktrakurikuler Pramuka, dan (3) faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 2 Windusari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling terdiri atas Pembina Pramuka, Dewan Penggalang, dan anggota Pramuka. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Kebenaran dan keabsahan data dalam penelitan ini ditetapkan menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam pembentukan karakter tanggung jawab terhadap peserta didik merupakan sarana yang tepat untuk membentuk dan mengembangkan karakter tanggung jawab peserta didik dan sesuai dengan tujuan PKn. Karakter tanggung jawab yang dibentuk antara lain: tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap orang lain, tanggung jawab terhadap alam (lingkungan sekitar), dan tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa. (2) Metode yang digunakan untuk membentuk karakter tanggung jawab adalah metode pemberian nasihat, pemberian sanksi dan pemberian penghargaan, metode keteladanan Pembina Pramuka, pemberian tugas, dan pencapaian SKU dan SKK. (3) Faktor-faktor pendukungnya adalah sikap, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki oleh Pembina Pramuka, kesadaran dan motivasi diri peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler Pramuka, dana, sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan, dukungan dari orang tua peserta didik, dan dukungan dari masyarakat sekitar, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya minat peserta didik dalam kegiatan Pramuka dan faktor cuaca. Secara keseluruhan dapat diketahui bahwa keberadaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Windusari sangat berperan dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik di lingkungan sekolah %A Sri Woro %L UNY36701