eprintid: 36696 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/03/66/96 datestamp: 2016-07-25 07:02:52 lastmod: 2019-01-30 09:52:44 status_changed: 2016-07-19 03:04:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Merici Reni Prasetyaningtyas, Angela corp_creators: Dr. Suroso corp_creators: Esti Swatika Sari, M.Hum title: KEEFEKTIFAN STRATEGI REVIEWING A FILM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN ispublished: submitted subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis naskah drama antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi reviewing a film dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi reviewing a film dan (2) membuktikan keefektifan strategi reviewing a film dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Klaten. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest- posttest control group desaign. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi reviewing a film dan variabel terikat yang berupa kemampuan menulis naskah drama. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Klaten. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes menulis naskah drama. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis naskah drama antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi reviewing a film dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi reviewing a film. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,097 > 1,997) dan nilai P lebih kecil dari 0,05 (P = 0,003 < 0,05). Kedua, penggunaan strategi reviewing a film efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Klaten. Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,848 > 2,036) dan nilai P lebih kecil dari 0,05 (P = 0,000 < 0,05). Gain skor kelompok kontrol sebesar 1,82, sedangkan gain skor kelompok eksperimen sebesar 3,67. date: 2016-07-14 date_type: submitted institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi citation: Merici Reni Prasetyaningtyas, Angela (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI REVIEWING A FILM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36696/1/SKRIPSI_Angela%20Merici%20Reni%20Prasetyaningtyas_12201241017.pdf