@phdthesis{UNY36686, author = {Oktavianus Deke}, title = {Pengaruh Budaya Kerja Guru Biologi Terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur}, month = {June}, year = {2016}, school = {UNY}, keywords = {Budaya Kerja Guru Biologi, Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Peserta Didik}, url = {http://eprints.uny.ac.id/36686/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) pengaruh budaya kerja guru biologi terhadap kinerja guru, (2) pengaruh kinerja guru biologi terhadap prestasi belajar peserta didik, (3) pengaruh budaya kerja guru biologi terhadap prestasi belajar peserta didik melalui kinerja SMA di kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi penelitian adalah semua guru biologi dan peserta didik SMA dengan sampelnya adalah guru biologi yang mengajar di kelas X dan XI yang berjumlah 20 orang guru dan masing-masing guru memilih salah satu kelas tempat mengajar dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk guru dan tes untuk peserta didik.Analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Hasil analisis datamenunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara budaya kerja guru biologi terhadap kinerja guru dengan dengan nilai signifikansi{\ensuremath{<}} 0,05 dan R2 sebesar 33,1\% dengan persamaan regresi yaitu {\~Y} = 36,316 + 0,652X; (2) ada pengaruh yang signifikan antara kinerja guru terhadap prestasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi {\ensuremath{<}} 0,05 dan R2 sebesar 50,3\% dengan persamaan regresi yaitu {\~Y} = 48,831 + 0,252Y, dan (3) ada pengaruh budaya kerja guru biologi terhadap prestasi belajar peserta didik melalui kinerja guru dengan dengan nilai t hitung 2,158 {\ensuremath{>}} t tabel 2,093. Artinya budaya kerja guru tidak berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar peserta didik tetapi melalui mediasi yaitu kinerja guru.Kesimpulannya adalah: (1) ada pengaruh antara budaya kerja guru biologi terhadap kinerja guru. Artinya, semakin baik budaya kerja guru biologi maka semakin baik pula kinerja guru; (2) ada pengaruh antara kinerja guru terhadap prestasi belajar peserta didik. Artinya, semakin baik kinerja guru maka, semakin baik pula prestasi belajar peserta didik; dan (3) ada pengaruh antara budaya kerja guru biologi terhadap prestasi belajar peserta didik melalui kinerja guru. Artinya, budaya kerja guru biologi tidak berpengaruh langsungterhadap prestasi belajar peserta didik tetapidimediasi dengan kinerja guru} }