?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F36662%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0ASMP+NEGERI+3PAKEM&rft.creator=Novi+Sandra%2C+Novi+Sandra&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+merupakan+wahana+bagi+mahasiswa+untuk%0D%0Amelatih+diri+dan+menambah+pengalaman+dalam+bidang+pembelajaran+dan+manajerial%0D%0Adi+sekolah.+PPL+bertujuan+untuk+melatih+mahasiswa+agar+memiliki+pengalaman%0D%0Anyata+tentang+proses+belajar+mengajar+dan+diharapkan+dengan+PPL+ini+dapat+menjadi%0D%0Abekal+bagi+mahasiswa+untuk+mengembangkan+diri+sebagai+tenaga+kependidikan+yang%0D%0Aprofesional.+Salah+satu+lokasi+yang+menjadi+sasaran+tempat+pelaksanaan+program%0D%0APPL+pada+semester+khusus+tahun+2015+ini+adalah+di+lingkungan+masyarakat+sekolah%2C%0D%0Ayaitu+masyarakat+SMP+Negeri+3Pakem+khususnya+seluruh+siswa+siswi+SMP+Negeri%0D%0A3Pakem.%0D%0AKegiatan+PPL+ini+dilaksanakan+pada+tanggal+10Agustus+s.d.+12+September%0D%0A2015.+Sedangkan+mata+pelajaran+yang+diampu+penyusun+adalah+mata+pelajaran+Seni%0D%0ABudaya.+Selama+PPL+penyususn+mengampu+8+kelas+setiap+minggunya+yaitu+kelas%0D%0AVII+A%2C+VII+B%2C+VII+C%2C+VII+D%2C+VIII+A%2C+VIII+B%2C+VIII+C%2C+dan+VIII+D+adapun+jumlah%0D%0Apertemuan+setiap+minggunya+sebanyak+satu+kali+setiap+kelas+jadi+sebanyak+16+jam%0D%0Apelajaran.+Selain+program+mengajar+kami+juga+melaksanakan+program+kerja+non%0D%0Amengajar+diantaranya+adalah+mengikuti+guru+piket%2C+ikut+menjaga+perpustakaan%2C%0D%0Apendampingan+pengembangan+diri%2C+pendampingan+pramuka%2C+pendampingan+latihan%0D%0Aupacara%2C+lomba+kebersihan%2C+Jum%E2%80%99at+bersih%2C+Jum%E2%80%99at+sehat+serta+membudayakan+3S%0D%0A(Senyum%2C+Sapa%2C+Salam)+melalui+jabat+tangan+setiap+pagi+sebelum+masuk+kelas+yang%0D%0Adiikuti+seluruh+siswa%2C+guru%2C+serta+mahasiswa+yang+PPL+di+SMP+Negeri+3+Pakem.%0D%0AKurang+lebih+satu+bulan+di+sekolah%2C+mahasiswa+praktik+lapangan+memperoleh%0D%0Apengalaman+yang+belum+pernah+diperoleh+di+bangku+perkuliahan%2C+terutama+dalam%0D%0Amengajar+di+kelas%2C+tindakan+kelas%2C+baik+saat+teori+maupun+praktikum.+Dalam%0D%0Apelaksanaan+program+tersebut%2C+tidak+pernah+lepas+dari+hambatan-hambatan.+Akan%0D%0Atetapi%2C+dengan+adanya+semangat+dan+motivasi+dari+guru+pembimbing+lapangan+dan%0D%0Aguru+lain%2C+dosen+pembimbing+lapangan%2C+teman-teman+satu+tim+dan+berkat+kerjasama%0D%0Ayang+baik+maka+segala+hambatan+dapat+teratasi+dengan+mudah.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F36662%2F1%2Fsampul%252C%2520daftar%2520isi%2520PPL%2520edit.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F36662%2F2%2FISI%2520fix.pdf&rft.identifier=++Novi+Sandra%2C+Novi+Sandra++(2015)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+SMP+NEGERI+3PAKEM.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++