%0 Report %9 Project Report %A Anisa Pratiwi, Anisa Pratiwi %D 2015 %F UNY:36655 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL UNY, Program Mengajar, Program Non Mengajar , SMP Negeri 3 Pakem. %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 3PAKEM %U http://eprints.uny.ac.id/36655/ %X Praktik Pengalaman Lapangan merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih diri dan menambah pengalaman dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan diharapkan dengan PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMP Negeri 3Pakem khususnya seluruh siswa siswi SMP Negeri 3Pakem. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 10Agustus s.d. 12 September 2015. Sedangkan mata pelajaran yang diampu penyusun adalah mata pelajaran Pendidikan Seni Tari. Selama PPL penyusun mengampu 8 kelas setiap minggunya yaitu kelas VII ABCD dan VIII ABCD, adapun jumlah pertemuansetiap minggunya sebanyak satu kali setiap kelas jadi sebanyak 16 jam pelajaran. Selain program mengajar kami juga melaksanakan program kerja non mengajar diantaranya adalah mengikuti guru piket, ikut menjaga perpustakaan, pendampingan pengembangan diri, pendampingan pramuka, pendampingan latihan upacara, lomba kebersihan, Jum’at bersih, Jum’at sehat serta membudayakan 3S (Senyum, Sapa, Salam) melalui jabat tangan setiap pagi sebelum masuk kelas yang diikuti seluruh siswa, guru, serta mahasiswa yang PPL di SMP N 3 Pakem. Kurang lebih satu bulan di sekolah, mahasiswa praktik lapangan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas, tindakan kelas, baik saat teori maupun praktikum. Dalam pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.