TY - RPRT UR - http://eprints.uny.ac.id/36647/ AV - public KW - PPL KW - Praktik Mengajar Terbimbing TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016 M1 - project_report ID - UNY36647 PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Kartina Purnamasari, Kartina Purnamasari N2 - Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP N 2 Ngaglik yang beralamat di Jalan Kaliurang 11, Gentan, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, DIY. Pelakasanaan Praktik Pengalaman Lapangan berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Program PPL mengajar terbimbing dilaksanakan sebanyak 8 kali masuk kelas, yaitu 4 kali mengajar terbimbing di kelas 7A dan 4 kali mengajar terbimbing di kelas 7D. Praktik mengajar terbimbing ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching, pembekalan PPL, dan observasi sekolah. Tahap pelaksanaan meliputi penyusunan RPP, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media, praktik mengajar terbimbing, dan konsultasi dengan dosen pembimbing lapangan. Tahap analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi. Pendekatan/model/metode pembelajaran yang dilakukan antara lain: Ekspositori, Ceramah interaktif, Diskusi, Pemberian Tugas, Guided Discovery, dan Contextual Teaching Learning (CTL) Pada pelaksanaan program PPL di SMP N 2 Ngaglik berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, semua mampu teratasi karena kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Setelah kegiatan PPL selesai, praktikan mendapatkan banyak pengalaman nyata dan pemahaman bahwa menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah, perlu ketekunan dan kesabaran tinggi. Y1 - 2015/// ER -