eprintid: 36640 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/66/40 datestamp: 2016-07-18 06:31:42 lastmod: 2019-10-01 11:47:19 status_changed: 2016-07-18 06:31:42 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Diah Hapsari Widyarini, Diah Hapsari Widyarini title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016 SMP NEGERI 2 NGAGLIK GADINGAN, GENTAN, SINDUHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Praktik Mengajar Terbimbing, SMP Negeri 2 Ngaglik. abstract: Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program kegiatan yang terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan yang meliputi kegiatan praktik mengajar terbimbing dan kegiatan kependidikan lainnya. Kegiatan PPL 2015 dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Dalam periode tersebut, Praktikan melakukan praktik terbimbing sebanyak 8 kali. Praktik mengajar Tahap persiapan meliputi: 1) Kegiatan Pra PPL, terdiri dari Micro Teaching; pembekalan PPL; observasi sekolah; menanyakan materi ajar serta referensi yang digunakan; dan mempelajari silabus, prota/prosem, dan RPP. 2) Persiapan sebelum mengajar, terdiri dari pembuatan RPP, penyusunan materi ajar, pemilihan pendekatan/model/metode pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan, diskusi dengan rekan mahasiswa PPL, dan konsultasi dan diskusi dengan guru pembimbing. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali untuk dua kelas dan evaluasi hasil belajar siswa. Tahap analisis berupa hasil, hambatan, solusi, dan refleksi. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Ngaglik berjalan dengan baik. Hambatan-hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan PPL dapat teratasi berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Setelah kegiatan PPL selesai, Praktikan mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran berharga, diantaranya: Menambah pemahaman mengenai proses pendidikan pembelajaran di sekolah; Memperoleh pengalaman tentang cara berpikir dan bekerja secara interdisipliner; serta Menjalin komunikasi yang baik dengan guru, siswa, karyawan, dan rekan mahasiswa PPL. date: 2015 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Diah Hapsari Widyarini, Diah Hapsari Widyarini (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016 SMP NEGERI 2 NGAGLIK GADINGAN, GENTAN, SINDUHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36640/1/laporan%20ppl_diah.pdf