?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F36640%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGAJARAN+LAPANGAN+(PPL)+SEMESTER+KHUSUS+TAHUN+2015%2F2016+SMP+NEGERI+2+NGAGLIK+GADINGAN%2C+GENTAN%2C+SINDUHARJO%2C+KECAMATAN+NGAGLIK%2C+KABUPATEN+SLEMAN+DAERAH+ISTIMEWA+YOGYAKARTA&rft.creator=Diah+Hapsari+Widyarini%2C+Diah+Hapsari+Widyarini&rft.subject=LPPMP&rft.description=Program+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+program+kegiatan+yang+terintegrasi+untuk+mengembangkan+kompetensi+mengajar+mahasiswa+sebagai+calon+pendidik+atau+tenaga+kependidikan.+Dalam+pelaksanaan+PPL%2C+mahasiswa+melaksanakan+tugas-tugas+kependidikan+yang+meliputi+kegiatan+praktik+mengajar+terbimbing+dan+kegiatan+kependidikan+lainnya.+Kegiatan+PPL+2015+dimulai+pada+tanggal+10+Agustus+2015+sampai+dengan+12+September+2015.+Dalam+periode+tersebut%2C+Praktikan+melakukan+praktik+terbimbing+sebanyak+8+kali.+Praktik+mengajar+Tahap+persiapan+meliputi%3A+1)+Kegiatan+Pra+PPL%2C+terdiri+dari+Micro+Teaching%3B+pembekalan+PPL%3B+observasi+sekolah%3B+menanyakan+materi+ajar+serta+referensi+yang+digunakan%3B+dan+mempelajari+silabus%2C+prota%2Fprosem%2C+dan+RPP.+2)+Persiapan+sebelum+mengajar%2C+terdiri+dari+pembuatan+RPP%2C+penyusunan+materi+ajar%2C+pemilihan+pendekatan%2Fmodel%2Fmetode+pembelajaran+yang+akan+digunakan+dalam+kegiatan+pembelajaran%2C+pembuatan+media+pembelajaran%2C+menyiapkan+alat+dan+bahan%2C+diskusi+dengan+rekan+mahasiswa+PPL%2C+dan+konsultasi+dan+diskusi+dengan+guru+pembimbing.+Tahap+pelaksanaan+meliputi+praktik+mengajar+terbimbing+sebanyak+8+kali+untuk+dua+kelas+dan+evaluasi+hasil+belajar+siswa.+Tahap+analisis+berupa+hasil%2C+hambatan%2C+solusi%2C+dan+refleksi.+Secara+umum%2C+pelaksanaan+kegiatan+PPL+di+SMP+Negeri+2+Ngaglik+berjalan+dengan+baik.+Hambatan-hambatan+yang+ditemukan+dalam+pelaksanaan+PPL+dapat+teratasi+berkat+kerjasama+yang+baik+antara+mahasiswa+PPL+dan+pihak+sekolah.+Dukungan+dari+berbagai+pihak+terutama+pihak+sekolah+sendiri+sangat+membantu+kelancaran+pelaksanaan+program+PPL+di+sekolah+tersebut.+Setelah+kegiatan+PPL+selesai%2C+Praktikan+mendapatkan+banyak+pengalaman+dan+pelajaran+berharga%2C+diantaranya%3A+Menambah+pemahaman+mengenai+proses+pendidikan+pembelajaran+di+sekolah%3B+Memperoleh+pengalaman+tentang+cara+berpikir+dan+bekerja+secara+interdisipliner%3B+serta+Menjalin+komunikasi+yang+baik+dengan+guru%2C+siswa%2C+karyawan%2C+dan+rekan+mahasiswa+PPL.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F36640%2F1%2Flaporan%2520ppl_diah.pdf&rft.identifier=++Diah+Hapsari+Widyarini%2C+Diah+Hapsari+Widyarini++(2015)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGAJARAN+LAPANGAN+(PPL)+SEMESTER+KHUSUS+TAHUN+2015%2F2016+SMP+NEGERI+2+NGAGLIK+GADINGAN%2C+GENTAN%2C+SINDUHARJO%2C+KECAMATAN+NGAGLIK%2C+KABUPATEN+SLEMAN+DAERAH+ISTIMEWA+YOGYAKARTA.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++