<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Teknik Klarifikasi Nilai Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas X SMA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik klarifikasi nilai, terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA dalam pembelajaran PPKn.\r\n\tPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Rancangan penelitian ini adalah randomized control group pretest postest. Penelitian ini menggunakan dua Kelas X MIPA, yaitu satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 35 peserta didik, dan 33 peserta didik pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik klarifikasi nilai dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tanpa teknik klarifikasi nilai. Sebelum penelitian, terlebih dahulu dilakukan pre-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes, lembar observasi oleh guru, dan lembar observasi untuk peserta didik, serta angket yang berupa lembar penilaian diri peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji t dan analisis of varians (Anava).\r\nBerdasar hasil analisis data penelitian dan pembahasan secara keseluruhan, dapat ditarik kesimpulan bahwa, penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik klarifikasi nilai dalam pembelajaran PPKn lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa teknik klarifikasi nilai terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn Kelas X SMA. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05) dan hasil gain score. Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik klarifikasi nilai memperoleh gain score 0,57 dalam kategori efektivitas “sedang”. Kelas kontrol yang yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tanpa teknik klarifikasi nilai memperoleh gain score 0,30 dalam kategori efektivitas “rendah”"^^ . "2016-06-30" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Dwi Wiwik Nur"^^ . "Handayani"^^ . "Dwi Wiwik Nur Handayani"^^ . . . . . . "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Teknik Klarifikasi Nilai Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas X SMA (Text)"^^ . . . "tesis-dwi-wiwik-nur-handayani-14730251027.swf"^^ . . "HTML Summary of #36618 \n\nPengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Teknik Klarifikasi Nilai Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas X SMA\n\n" . "text/html" . . . "Kewarganegaraan dan Hukum" . .