%0 Thesis %9 S2 %A Anwar, Moh Khoerul %B Bimbingan dan Konseling %D 2016 %F UNY:36615 %I UNY %K Buku Kerja, Eksplorasi Karier, Siswa Sekolah Menengah Pertama %T Pengembangan Buku Kerja Eksplorasi Karier pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Ali Maksum di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/36615/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku kerja eksplorasi karier pada siswa Sekolah Menengah Pertama, (2) mengetahui keefektifan buku kerja eskplorasi karier pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan penelitian ini mengacu pada prosedur Borg dan Gall. Subjek penelitian pada ujicoba kelompok kecil berjumlah 19 siswa, dan subjek penelitian pada uji efektivitas berjumlah 43 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner uji ahli media, skala respon ahli materi, guru, dan siswa dan skala eksplorasi karier. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kategorisasi. Hasil penelitian ini berupa (1) buku kerja eksplorasi karier yang layak digunakan. Bukti kelayakan buku kerja didasarkan pada hasil uji ahli materi diperoleh skor 97 (kategori sangat tinggi), hasil uji ahli media diperoleh skor 101 (kategori sangat tinggi), hasil respon guru diperoleh skor 69 (kategori sedang), hasil respon siswa diperoleh skor 74 (kategori tinggi). (2) buku kerja eskplorasi karier yang dihasilkan efektif untuk menggali minat, nilai suatu pekerjaan, potensi dan mengenali beberapa jenis pekerjaan. Bukti keefektifan buku kerja didasarkan pada hasil eksplorasi karier siswa sebelum menggunakan buku kerja diperoleh skor 169.4 (Kategori Sedang) dan sesudah menggunakan buku kerja menjadi 198.8 (kategori tinggi).