relation: http://eprints.uny.ac.id/36604/ title: Kompetensi Guru Fisika dalam Implementasi KTSP di SMA Negeri Kota Ternate creator: Muhammad, Nurlaela subject: Pendidikan Menengah subject: Fisika description: Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kompetensi pedagogik guru fisika dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, dan 2) kompetensi profesional guru fisika dalam penguasaan materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dan data penelitian diperoleh dari kepala sekolah, guru mata pelajaran fisika dan siswa kelas XI-IPA pada SMA Negeri Kota Ternate Tahun Ajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis adalah sebagai berikut. (1) Kompetensi pedagogik guru fisika di SMA Negeri Kota Ternate dalam merencanakan pembelajaran yaitu 91,52% kategori sangat baik sedangkan kompetensi pedagogik guru fisika dalam melaksanakan pembelajaran yaitu memperoleh skor rerata untuk kesepuluh sekolah tersebut adalah 79,22% digolongkan pada kategori sangat baik. Nilai rerata tersebut mengindikasikan bahwa guru menguasai kompetensi pedagogik dengan sangat baik. (2) Rerata skor penilaian kompetensi profesional guru fisika SMA Negeri Kota Ternate untuk kesepuluh sekolah tersebut adalah 74,43% dan berada pada kategori baik. Nilai rerata tersebut mengindikasikan bahwa guru menguasai kompetensi profesional dengan baik. date: 2012-08-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/36604/1/tesis-nurlaela-muhammad-10708251022.swf identifier: Muhammad, Nurlaela (2012) Kompetensi Guru Fisika dalam Implementasi KTSP di SMA Negeri Kota Ternate. S2 thesis, UNY.