eprintid: 36555 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/65/55 datestamp: 2016-07-18 01:09:42 lastmod: 2019-10-01 11:47:43 status_changed: 2016-07-18 01:09:42 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Ellan Riyadi Herpratana, Ellan Riyadi Herpratana title: LAPORAN PPL LOKASI DI SD NEGERI TLOGOADI Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Pratik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan pendidikan yang telah menyelesaikan semester 6 dan telah lulus dari kegiatan mikro teaching di kampus oleh masingmasing jurusan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada semester khusus selama kurang lebih 1 bulan di sekolah yang telah dipilih oleh mahasiswa. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Sebelum program Praktek Pengalaman Lapangan, terlebih dahulu mahasiswa diberi pembekalan dari jurusan dan diadakan observasi lokasi. Pembekalan dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2015 sedangkan observasi dilakukan sebanyak 2 kali dengan cara mendatangi langsung lokasi, observasi yang pertama dilakukan jauh-jauh hari sebelum pembekalan PPL yaitu pada tanggal 23 - 25 Februari 2015 dan yang kedua setelah pembekalan PPL pada tanggal 10 – 12 Agustus 2015 dengan maksud untuk mengetahui jika sudah ada perubahan dari sekolah yang digunakan untuk PPL sejak pertama kali dilakukan obsevasi, selain melihat keadaan sekitar, selama observasi juga dilakukan wawancara dengan beberapa pengurus sekolah, yaitu dengan Kepala Sekolah, Guru Penjas, dan beberapa Guru SD Negeri Tlogoadi lainnya. Berdasarkan kondisi yang ada, maka mahasiswa PPL merencanakan beberapa program/ kegiatan yang dilaksanakan selama PPL. Selain program/ kegiatan mengajar, ada juga program/ kegiatan PPL non-mengajar antara lain: (1) pembuatan program PPL, (2) ekstrakurikuler olahraga, (3) lomba hari kemerdekaan, (4) perawatan dan pembersihan media pembelajaran dan ruangan, (5) penataan perpusatakaan (6) warung sehat, (7) poster edukatif, (8) pembuatan laporan PPL, (9) penarikan mahasiswa PPL UNY, dan kegiatan beberapa kegiatan-kegiatan lain yang ada di sekolah seperti pramuka, senam sehat, upacara bendera, dll. Dari program PPL ini maka praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional, memiliki nilai, sikap, dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan. Melihat program pelaksanaan PPL yang telah praktikan lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa program PPL di SD Negeri Tlogoadi berjalan dengan lancar. Selain itu PPL sangat bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa praktikan sekaligus sebagai latihan sebelum nantinya terjun ke sekolah dan melakukan tugasnya secara nyata. Meskipun ada hambatan-hambatan, tetapi hambatan yang ada bukanlah penghalang melainkan konsekuensi dari sebuah usaha dan semua hambatan yang ditemukan dapat diatasi. Akhir kata, dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa diharapkan banyak mendapat pengalaman dan keterampilan dari berbagai pihak serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh. date: 2015 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Ellan Riyadi Herpratana, Ellan Riyadi Herpratana (2015) LAPORAN PPL LOKASI DI SD NEGERI TLOGOADI Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36555/1/LAPORAN%20PPL.pdf