@techreport{UNY36537, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {LAPORAN PPL}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi: SMP NEGERI 1 CANGKRINGAN}, author = {Nur Rachman Hakim Nur Rachman Hakim}, type = {Project Report}, year = {2015}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {PPL, Praktik Pengalaman Lapangan}, abstract = {Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terpadu yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah langkah strategis untuk membekali dan melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik di masa mendatang. Mahasiswa ditempatkan di beberapa sekolah dalam beragam jenjang untuk diasah kemampuannya sebagai bekalnya kelak. Salah satu tempat penempatan mahasiswa PPL UNY adalah di SMP Negeri 1 Cangkringan. Kegiatan PPL di SMP Negeri 1 cangkringan telah dilaksanakan oleh mahasiswa UNY pada tanggal 10 Agustus ? 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 12 mahasiswa dari 6 program studi yang berbeda. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) itu sendiri adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, dan serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar terbagi menjadi praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri dan dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 20 kali pertemuan. Pokok bahasan yang diberikan meliputi empat English macro skills (listening, speaking, reading, dan writing) terkait berbagai ekspresi, short fungsional, dan descriptive text dengan berbagai macam metode dan teknik manejemen kelas. Berbagai macam hambatan telah dapat terpecahkan dengan solusi-solusi yang merupakan hasil dari pemikiran penyusun, konsultasi dengan guru maupun dosen pembimbing, dan teman-teman anggota PPL yang lain.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/36537/} }