eprintid: 36479 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/64/79 datestamp: 2016-07-15 01:24:40 lastmod: 2019-10-01 11:44:32 status_changed: 2016-07-15 01:24:40 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: ANTONIUS SETIAJI HARDONO, ANTONIUS SETIAJI HARDONO title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) NAMA LOKASI : SMP NEGERI 5 DEPOK ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan dan Konseling abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan ketrampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. PPL dilaksanakan di SMP N 5 Depok yang berlokasi di Jl. Weling, Karanggayam, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Selama kegiatan, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi proses bimbingan dan pengoptimalan potensi siswa. Program yang dilaksanakan antara lain layanan orientasi, layanan informasi, konseling individual, bimbingan kelompok, konseling kelompok, dan kegiatan aplikasi instrumen. Praktik layanan orientasi dan informasi umumnya dilakukan dengan metode bimbingan klasikal. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Layanan bimbingan klasikal mampu dilakukan sebanyak empat kali yang dinilai dan 8 kali insidental. Bimbingan dan konseling kelompok masing-masing satu kali serta dua kali konseling individual. Praktik layanan aplikasi instrumen dilakukan melalui analisis DCM pada kelas VIII sejumlah empat kelas. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: ANTONIUS SETIAJI HARDONO, ANTONIUS SETIAJI HARDONO (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) NAMA LOKASI : SMP NEGERI 5 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36479/1/LAPORAN%20PPL.pdf