eprintid: 36479
rev_number: 9
eprint_status: archive
userid: 1277
dir: disk0/00/03/64/79
datestamp: 2016-07-15 01:24:40
lastmod: 2019-10-01 11:44:32
status_changed: 2016-07-15 01:24:40
type: monograph
metadata_visibility: show
creators_name: ANTONIUS SETIAJI HARDONO, ANTONIUS SETIAJI HARDONO
title: LAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
NAMA LOKASI : SMP NEGERI 5 DEPOK
ispublished: pub
subjects: subject_lppmp
divisions: lppmp
full_text_status: public
monograph_type: project_report
keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan dan Konseling
abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan ketrampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional.
Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. PPL dilaksanakan di SMP N 5 Depok yang berlokasi di Jl. Weling, Karanggayam, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Selama kegiatan, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi proses bimbingan dan pengoptimalan potensi siswa. Program yang dilaksanakan antara lain layanan orientasi, layanan informasi, konseling individual, bimbingan kelompok, konseling kelompok, dan kegiatan aplikasi instrumen. Praktik layanan orientasi dan informasi umumnya dilakukan dengan metode bimbingan klasikal.
Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Layanan bimbingan klasikal mampu dilakukan sebanyak empat kali yang dinilai dan 8 kali insidental. Bimbingan dan konseling kelompok masing-masing satu kali serta dua kali konseling individual. Praktik layanan aplikasi instrumen dilakukan melalui analisis DCM pada kelas VIII sejumlah empat kelas.
date: 2015
date_type: published
publication: LAPORAN PPL
publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta
institution: Universitas Negeri Yogyakarta
refereed: TRUE
citation:   ANTONIUS SETIAJI HARDONO, ANTONIUS SETIAJI HARDONO  (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) NAMA LOKASI : SMP NEGERI 5 DEPOK.  Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.     
document_url: http://eprints.uny.ac.id/36479/1/LAPORAN%20PPL.pdf