eprintid: 36463 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/64/63 datestamp: 2016-07-14 08:58:25 lastmod: 2019-10-01 11:48:28 status_changed: 2016-07-14 08:58:25 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Gian tri Widdo, Gian tri Widdo title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 KALASAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa kependidikan. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tidak lain untuk memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Pelakasanan PPL yang dilaksanakan selama satu bulan, yakni tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 memberikan pembelajaran yang begitu luar biasa bagi mahasiswa UNY pada umumnya dan mahasiswa Pendidikan IPS pada khususnya. Banyak sekali hal yang didapatkan dalam kegiatan pembelajaran, diantaranya adalah membuat media yang menarik untuk siswa dan cara pengkondisian siswa di ruang kelas. Ada beberapa media pembelajaran yang penulis gunakan baik audio ataupun visual seperti, Video pembelajaran atau motivasi, gambar, game, powerpoint dan lain sebagainya. Agar semua media lebih optimal penulis mengemasnya dalam bentuk permainan yang disebut Mach The Answere (memasangkan jawaban). Permainan memasangkan jawaban sangatlah simpel dan efektif, karena permainan ini melibatkan seluruh siswa di dalam permainan tersebut, yakni dengan cara pembentukan 2 kelompok besar. Misalnya Kelompok A mendapatka Pertanyaan yang akan ditanyakan kepada kelompok B dan Kelompok B mendapatkan berupa Jawaban dari Pertanyaan Kelompok A, Begitu sebaliknya. Agar permainan ini lebih menarik perhatian siswa, penulis memberikan penghargaan lebih kepada kelompok yang menang atau siswa yang aktif. Sehingga motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan dan mendengarkan jawaban dapat secara maksimal. Pelaksanaan kegiatan PPL sangatlah penting guna melatih mahasiswa UNY pada umumnya dan mahasiswa Pendidikan IPS pada khususnya untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai pendidik. Secara umum, program kerja PPL di SMP N 2 Kalasan dapat terlaksana dengan lancar. Kata kunci : PPL, SMP Negeri 2 Kalasan, Pembelajaran IPS date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Gian tri Widdo, Gian tri Widdo (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36463/1/Laporan%20PPL_Gian%20Tri%20Wododo%20_12416244007.pdf