?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F36463%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0ADI+SMP+NEGERI+2+KALASAN&rft.creator=Gian+tri+Widdo%2C+Gian+tri+Widdo&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+langkah+strategis+untuk+melengkapi+kompetensi+mahasiswa+kependidikan.+Tujuan+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+tidak+lain+untuk+memberi+kesempatan+pada+mahasiswa+untuk+mempelajari%2C+mengenal+dan+menghayati+permasalahan+yang+dihadapi+lembaga+pendidikan%2C+menerapkan+ilmu+pengetahuan+dan+keterampilan+yang+dimiliki+ke+dalam+kehidupan+nyata.%0D%0APelakasanan+PPL+yang+dilaksanakan+selama+satu+bulan%2C+yakni+tanggal+10+Agustus+sampai+12+September+2015+memberikan+pembelajaran+yang+begitu+luar+biasa+bagi+mahasiswa+UNY+pada+umumnya+dan+mahasiswa+Pendidikan+IPS+pada+khususnya.+Banyak+sekali+hal+yang+didapatkan+dalam+kegiatan+pembelajaran%2C+diantaranya+adalah+membuat+media+yang+menarik+untuk+siswa+dan+cara+pengkondisian+siswa+di+ruang+kelas.+Ada+beberapa+media+pembelajaran+yang+penulis+gunakan+baik+audio+ataupun+visual+seperti%2C+Video+pembelajaran+atau+motivasi%2C+gambar%2C+game%2C+powerpoint+dan+lain+sebagainya.+Agar+semua+media+lebih+optimal+penulis+mengemasnya+dalam+bentuk+permainan+yang+disebut+Mach+The+Answere+(memasangkan+jawaban).%0D%0APermainan+memasangkan+jawaban+sangatlah+simpel+dan+efektif%2C+karena+permainan+ini+melibatkan+seluruh+siswa+di+dalam+permainan+tersebut%2C+yakni+dengan+cara+pembentukan+2+kelompok+besar.+Misalnya+Kelompok+A+mendapatka+Pertanyaan+yang+akan+ditanyakan+kepada+kelompok+B+dan+Kelompok+B+mendapatkan+berupa+Jawaban+dari+Pertanyaan+Kelompok+A%2C+Begitu+sebaliknya.+Agar+permainan+ini+lebih+menarik+perhatian+siswa%2C+penulis+memberikan+penghargaan+lebih+kepada+kelompok+yang+menang+atau+siswa+yang+aktif.+Sehingga+motivasi+siswa+untuk+menjawab+pertanyaan+dan+mendengarkan+jawaban+dapat+secara+maksimal.%0D%0APelaksanaan+kegiatan+PPL+sangatlah+penting+guna+melatih+mahasiswa+UNY+pada+umumnya+dan+mahasiswa+Pendidikan+IPS+pada+khususnya+untuk+menerapkan+pengetahuan+dan+kemampuan+yang+telah+dimilikinya+dalam+suatu+proses+pembelajaran+sesuai+dengan+bidang+studinya%2C+sehingga+mahasiswa+dapat+memiliki+pengalaman+yang+dapat+digunakan+sebagai+bekal+untuk+mengembangkan+kompetensinya+di+masa+yang+akan+datang+dalam+kaitannya+sebagai+pendidik.+Secara+umum%2C+program+kerja+PPL+di+SMP+N+2+Kalasan+dapat+terlaksana+dengan+lancar.%0D%0AKata+kunci+%3A+PPL%2C+SMP+Negeri+2+Kalasan%2C+Pembelajaran+IPS&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F36463%2F1%2FLaporan%2520PPL_Gian%2520Tri%2520Wododo%2520_12416244007.pdf&rft.identifier=++Gian+tri+Widdo%2C+Gian+tri+Widdo++(2015)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+DI+SMP+NEGERI+2+KALASAN.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++