TY - RPRT A1 - Rosaini, Rosaini N2 - Mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan yang lain adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasan secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah. Mahasiswa juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Pelaksanaan kegiatan PPL bertujuan melatih mahasiswa dalam menerapkan ilmu atau pengetahuan yang dimiliki mahasiswa dalam suatu bidang studi sehingga mahasiswa memiliki pengalaman guna bekal di masa depan dalam mengembangkan kompetensinya sebagai tenaga pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan berupa praktik mengajar, membuat RPP, membuat media, membuat soal ulangan, dan sebagainya, kemudian penyusunan laporan dan evaluasi.Tahap persiapan meliputi pembekalan PPL yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap observasi potensi pengembangan sekolah, identifikasi dan inventarisasi permasalahan, penyusunan rancangan program dan pelaksanaan program. Setelah pelaksanaan peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PPL. Secara umum, program kerja PPL di sekolah tersebut dapat terlaksana dengan lancar. Kendala dalam melaksanakan suatu program merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, program yang masih memerlukan tindak lanjut dapat dilaksanakan oleh peserta PPL periode berikutnya. UR - http://eprints.uny.ac.id/36451/ M1 - project_report AV - public KW - PPL KW - DPL KW - SMP Negeri 2 Kalasan TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 KALASAN Y1 - 2015/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY36451 ER -