eprintid: 36406 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/64/06 datestamp: 2016-07-14 06:18:17 lastmod: 2019-10-01 11:54:13 status_changed: 2016-07-14 06:18:17 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: ZENI SETIANINGRUM, ZENI SETIANINGRUM title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI SINDUADI 2 TAHUN AKADEMIK 2015/2016 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL 2015, SD Negeri Sinduadi 2. abstract: Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang pada tahun ini bersamaan dengan kegiatan KKN, yaitu dilaksanakan pada semester khusus 2015. Kegiatan PPL memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD Negeri Sinduadi 2 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4, praktik mengajar mandiri sebanyak 1 kali dan ujian praktik mengajar 2 kali. Kegiatan PPL ini berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 14 September 2015. Praktik mengajar terbimbig, praktik mengajar mandiri dan ujian praktik mengajar ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah, penyusunan program, dan pengajuan proposal. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Sinduadi 2 berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi dengan kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. date: 2015 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: ZENI SETIANINGRUM, ZENI SETIANINGRUM (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI SINDUADI 2 TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36406/1/9.ZENI%20SETIANINGRUM%20%2812108244029%29%20Cover%2C%20pengesahan%2C%20dll%20.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/36406/2/9.ZENI%20SETIANINGRUM%2812108244029%29LAPORAN.pdf