eprintid: 36400 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/64/00 datestamp: 2016-07-14 05:48:54 lastmod: 2019-10-01 11:48:21 status_changed: 2016-07-14 05:48:54 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: GINANJAR GHOIRU MAMNUN, GINANJAR GHOIRU MAMNUN title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI SINDUADI 2 TAHUN AKADEMIK 2015/2016 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: UNY, PPL 2015, SD Negeri Sinduadi 2, mahasiswa. abstract: Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan di UNY untuk mengabdi di sebuah institusi sekolah dalam rangka untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. Dalam hal ini mahasiswa melakukan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan di SD Negeri Sinduadi 2 sebagai salah satu sekolah yang bekerjasama dengan UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan PPL, mahasiswa akan mengamalkan semua yang telah didapatkan di perkuliahan baik dalam bidang pembelajaran di sekolah, kegiatan manajerial, dan kegiatan lainnya sebagai bentuk pengabdian kepada sekolah. Hal ini dilakukan agar kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar dan kegiatan manajerial yang lain. Kegiatan mengajar yang dilakukan berupa kegiatan mengajar terbimbing sebanyak 4 kali, kegiatan mengajar mandiri sebanyak 1 kali dan ujian praktik mengajar sebanyak 2 kali. Selain itu mahasiswa juga melakukan kegiatan manajerial berupa inventarisasi saran dan prasarana sekolah dan penataan perpustakaan sekolah. Kegiatan PPL ini berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 14 September 2015. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah dan penyusunan program. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar, kegiatan manajerial, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan dengan cara meyusun laporan pelaksanaan program PPL. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Sinduadi 2 berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi dengan kerja sama yang dibangun diantara para mahasiswa PPL dan pihak sekolah, akhirnya mahasiswa dan pihak sekolah dapat mengatasi permasalahan yang ada. Diharapkan setelah pelaksanaan program PPL akan memberikan kesan mendalam bagi mahasiswa dan pihak sekolah sehingga akan terbentuk kerjasama yang lebih baik antara pihak UNY, mahasiswa, dan sekolah. date: 2015 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: GINANJAR GHOIRU MAMNUN, GINANJAR GHOIRU MAMNUN (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI SINDUADI 2 TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36400/1/4.GINANJAR%20GHOIRU%20M%20%2812108244121%29.pdf