eprintid: 36392 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1258 dir: disk0/00/03/63/92 datestamp: 2016-07-14 04:01:51 lastmod: 2016-07-14 04:01:51 status_changed: 2016-07-14 04:01:51 type: experiment metadata_visibility: show creators_name: Yoyon Suryono, Prof.Dr. creators_name: Suparno, Dr., M.Pd. creators_id: lemlituny@yahoo.com corp_creators: LPPM UNY title: Pengembangan Model-model Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Penelitian Tahun Ke-3 Desiminasi Terbatas Model Pembelajaran) ispublished: pub subjects: subject_lppm divisions: lppm full_text_status: public keywords: model pembelajaran, pendidikan anak usia dini note: Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2015 abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui keberhasilan implementasi model pembelajaran anak usia dini yang mencakup model: (1) pembelajaran implementasi kelompok pertemuan orangtua berbasis kemitraan untuk meningkatkan partisipasi orangtua; (2) pembelajaran tim untuk meningkatkan keterampilan sosial anak melalui eksplorasi lingkungan alam, dan (3) permainan sandiwara boneka berbasis saintifik untuk meningkatkan keterampilan berbahasa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di tiga lokasi penelitian yaitu di taman kanak-kanak Surya Marta di Suryadiningratan, Yogyakarta, kelompok bermain Kuncup Melati, di Pakem, Sleman, dan kelompok bermain Citragami di Lendah Kulon Progo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama kemitraan orangtua dan pendidik melalui forum “kelompok pertemuan orangtua” belum menunjukkan hasil maksimal seperti yang diharapkan yang berupa manfaat dan dampak ke depan; pembelajaran tim dapat meningkatkan pembentukan keterampilan sosial melalui media eksplorasi lingkungan alam, mencakup setiap aspek keterampilan sosial; dan permainan sandiwara boneka dengan pendekatan sainstifik telah menunjukkan peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Ketiga model pembelajaran itu dapat terus digunakan secara rutin di setiap satuan pendidikan kelompok bermain sebagai alternatif untuk melaksanakan pembelajaran secara variatif, namun diperlukan penelitian dalam skala luas pada latar penelitian yang berbeda secara geografis, sosial, dan budaya untuk memastikan keterandalam model-model penelitian tersebut. date: 2015 date_type: published citation: Yoyon Suryono, Prof.Dr. and Suparno, Dr., M.Pd. (2015) Pengembangan Model-model Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Penelitian Tahun Ke-3 Desiminasi Terbatas Model Pembelajaran). [Experiment/Research] document_url: http://eprints.uny.ac.id/36392/1/ABSTRAK.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/36392/2/Lapran%20Penelitian%20Pegembangan%20Model-Model%20Pembelajaran%20Untuk%20Peningkatan%20Kualitas%20PAUD.pdf