TY - THES A1 - Sulthony, Muhammad Muslim Machbub PB - PGSD TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA AV - restricted Y1 - 2016/07/14/ ID - UNY36388 UR - http://eprints.uny.ac.id/36388/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif Budaya Indonesia yang layak digunakan untuk siswa SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan four-D (define, design, develop, disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuisioner. Analisis data awal dilakukan secara deskriptif, sedangkan analisis data kelayakan dilakukan dengan melakukan konversi data kuantitatif kedalam data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Multimedia dikembangkan melalui beberapa langkah, yaitu: (a) mendefinisikan kebutuhan dengan analisis awal, analisis konsep materi, analisis tugas dan analisis tujuan pembelajaran, (b) melakukan perancangan dengan menyusun parameter penilaian, pemilihan format, pemilihan media, dan pembuatan prototip, (c) melakukan pengembangan dengan validasi produk oleh ahli diikuti revisi, serta ujicoba lapangan sehingga dihasilkan produk akhir multimedia dengan lima menu utama yaitu kompetensi, materi kamu, ayo bermain, petunjuk, dan profil, kemudian (d) melakukan penyebaran produk. (2) Kelayakan multimedia ditentukan dari hasil validasi oleh ahli dengan rerata skor 3,62 yang termasuk dalam kategori sangat layak, dilanjutkan hasil respon pengguna melalui ujicoba lapangan dengan rerata skor 3,54 yang termasuk dalam kategori sangat layak, sehingga multimedia pembelajaran interaktif Budaya Indonesia dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan Multimedia, Budaya Indonesia M1 - skripsi ER -