%L UNY36385 %X Penelitian ini berdasarkan wawancara yang menunjukkan bahwa pemberian penguatan oleh guru masih belum maksimal. Selain itu, dibandingkan dengan prestasi belajar mata pelajaran lainnya, prestasi belajar matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguatan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penguatan dengan prestasi belajar matematika. Variabel terikat pada penelitian ini adalah prestasi belajar matematika. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penguatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se Gugus IV Pengasih, sedangkan sampel penelitian ini sejumlah 91 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sistem simple random sampling. Alat ukur yang digunakan terdiri dari skala penguatan dan dokumentasi berupa nilai raport matematika semester I tahun ajaran 2015/2016. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penguatan dengan prestasi belajar matematika (F = 62,204 dengan p<0,05 dan T = 7,887 dengan p<0,05), sehingga hipotesis pada penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, guru dapat memberikan penguatan pada siswa seperti memberi pujian, tepuk tangan, senyuman dan lain sebagainya untuk mempertahankan atau meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci: penguatan, prestasi belajar matematika. %A Annisa Rahmi Azizah %T PENGARUH PENGUATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE GUGUS IV PENGASIH TAHUN AJARAN 2015/ 2016 %D 2016 %I PGSD