%A Ismatus Sariroh %T PENGEMBANGAN MEDIA TALI ANDHA AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA KELAS V SDN SENDANGADI 1 %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Tali Andha Aksara Jawa yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas V SDN Sendangadi 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg dan Gall. Penelitian dilakukan dengan langkah-langkah: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi I, uji coba lapangan utama, revisi II, uji coba lapangan operasional, dan revisi akhir. Media yang dikembangkan diuji kelayakannya dengan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi sebelum dilakukan uji coba. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SDN Sendangadi 1 tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan soal tes. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi oleh ahli media memperoleh skor akhir 4,75 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor akhir 4,86 dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,80 dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,65 dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4,33 dengan kategori sangat baik. Hasil tes keterampilan membaca aksara Jawa memperoleh skor rata-rata 3,98 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, media Tali Andha Aksara Jawa yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas V SDN Sendangadi 1. Kata kunci: pengembangan, media Tali Andha, aksara Jawa %D 2016 %L UNY36370 %I PGSD