eprintid: 36363 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/63/63 datestamp: 2016-07-14 00:46:29 lastmod: 2019-10-01 11:50:02 status_changed: 2016-07-14 00:46:29 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: MADE WAHYU UTAMI, MADE WAHYU UTAMI title: LAPORAN PPL INDIVIDU SD NEGERI DEMAKIJO 1 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SD Negeri Demakijo 1 abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuannya adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 di SD Negeri Demakijo 1 akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain: meliputi; membuat media pembelajaran, membuat rencana program pembelajaran. Dalam kegiatan PPL di SD Negeri Demakijo 1, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas bawah yaitu kelas IIB dan I B, kelas atas yaitu kelas IVB dan VB serta melakukan ujian di kelas IA dan kelas IVA. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, pengelolaan kelas serta penyusunan administrasi kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. date: 2015 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: MADE WAHYU UTAMI, MADE WAHYU UTAMI (2015) LAPORAN PPL INDIVIDU SD NEGERI DEMAKIJO 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36363/1/LAPORAN%20INDIVIDU%20Made.pdf