?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F36353%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0ASMP+NEGERI+2+GODEAN&rft.creator=Masri+Nur+Hayati%2C+Masri+Nur+Hayati&rft.subject=LPPMP&rft.description=Program+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+Universitas+Negeri%0D%0AYogyakarta+merupakan+sebuah+program+wajib+yang+diselenggarakan+oleh+LPPM%0D%0AUNY+bagi+mahasiswa+jenjang+S1+Kependidikan+di+Universitas+Negeri+Yogyakarta%0D%0Ayang+bersifat+praktik%2C+aplikatif+dan+terpadu+untuk+mengimplementasikan+ilmu%0D%0Ayang+telah+didapatkan+mahasiswa+selama+perkuliahan+kepada+siswa+di+sekolah%0D%0Asebagai+seorang+pendidik.+Program+ini+bertujuan+untuk+memberikan+pengalaman%0D%0Akepada+mahasiswa+dalam+bidang+pembelajaran%2C+mengembangkan+kompetensi%0D%0Akependidikan+sebagai+sumber+daya+pengajar+yang+memiliki+sikap%2C+nilai%2C+dan%0D%0Aketrampilan+yang+dibutuhkan+dalam+dunia+pendidikan+serta+pengetahuan+tentang%0D%0Adunia+pendidikan+secara+nyata+agar+nantinya+mahasiswa+tersebut+dapat+menjadi%0D%0Atenaga+pendidik+yang+professional+dibidangnya%2C+Salah+satu+caranya+adalah+dengan%0D%0Apelaksanaan+serangkaian+program+PPL+UNY+di+SMP+Negeri+2+Godean+Tahun%0D%0A2015+ini.%0D%0ASebelum+kegiatan+PPL+berlangsung+mahasiswa+melaksanakan+kegiatan%0D%0ApraPPL+yaitu+pembekalan+yang+dilakukan+oleh+jurusan+masing-masing%2C%0D%0Apembelajaran+micro+teaching+guna+mempersiapkan+praktik+mengajar%2C+dan%0D%0Amelakukan+observasi+kelas+sehingga+dapat+memperoleh+gambaran+tentang%0D%0Akegiatan+pembelajaran+SMP+2+Godean.+Setelah+melalui+kegiatan+observasi%0D%0Amahasiswa+dapat+merumuskan+berbagai+program+kerja+yang+akan+dilaksanakan.%0D%0AProgram+PPL+yang+direncanakan+oleh+mahasiswa+antara+lain%3B+(1)+Pembuatan%0D%0APerangkat+Pembelajaran+(Silabus%2C+RPP)%3B+(2)+Praktik+Mengajar%3B+dan+(3)+Evalusi%0D%0APembelajaran+(Ulangan+Harian+dan+Remidi).%0D%0ASerangkaian+program+kerja+PPL+SMP+Negeri+2+Godean+telah+terlaksana%0D%0Adengan+baik%2C+walaupun+terdapat+beberapa+hambatan+dalam+pelaksanaannya%2C%0D%0Aseperti+kurangnya+pengetahuan+dalam+pembuatan+Perangkat+Pembelajaran+yang%0D%0Adapat+diatasi+dengan+berkonsultasi+dengan+Guru+Pembimbing.+Program+mengajar%0D%0Adi+kelas+juga+memiliki+tantangan+yaitu+dengan+penyesuaian+karakter+peserta+didik%0D%0Ayang+berbeda-beda%2C+bagaimana+cara+menghidupkan+suasana+kelas+agar+peserta%0D%0Adidik+termotivasi+untuk+belajar.+Selain+hambatan+dan+tantangan%2C+program+PPL+ini%0D%0Ajuga+memberikan+manfaat+yang+dapat+diperoleh+yaitu+mendapatkan+pengalaman%0D%0Amengajar+(dari+sisi+mahasiswa)+dan+dapat+terbiasa+berbagi+ilmu+dalam+belajar+dan%0D%0Aberlatih+mengerjakan+tugas+mandiri+(dari+sisi+siswa).&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F36353%2F1%2FLAPORAN%2520IDIVIDU_MASRI%2520NUR%2520HAYATI_12209241030_PENDIDIKAN%2520SENI%2520TARI.pdf&rft.identifier=++Masri+Nur+Hayati%2C+Masri+Nur+Hayati++(2015)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+SMP+NEGERI+2+GODEAN.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++