TY  - GEN
Y1  - 2015///
UR  - http://eprints.uny.ac.id/36330/
ID  - UNY36330
AV  - public
KW  - buku ajar
KW  -  bahasa Inggris
KW  -  SMK Seni dan Kerajinan
N2  - Penelitian multi tahun ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan
model buku ajar bahasa Inggris bagi SMK Seni dan Kerajinan. Secara
keseluruhan tujuan penelitian yang terbagi dalam tiga tahun pelaksanaan, yakni:
(1) Tahun pertama bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis buku ajar yang
digunakan di SMK Seni dan Kerajinan di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta;
(2) tahun kedua bertujuan untuk mengembangkan model buku ajar bahasa Inggris
untuk SMK Seni dan Kerajinan; dan (3) tahun ketiga bertujuan untuk
mengimplementasikan dan mendesiminasikan buku ajar bahasa Inggris untuk
SMK Seni dan Kerajinan. Sejalan dengan tujuan penelitian, pada tahun kedua ini
penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengembangkan model buku ajar 
bahasa Inggris untuk SMK Seni dan Kerajinan yang memuat unsur budaya lokal 
Indonesia.
Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 
research and development modelnya Gall, Gall, dan Borg (2003). Adapun
langkah-langkah prosedurnya adalah:  Setelah pada tahun pertama penelitian ini
berisi studi pendahuluan (
define) dan perancangan (design), pada tahun ke-2 ini
dilaksanakan kegiatan-kegiatan yang merupakan tahapan pengembangan
(development), yakni pengembangan buku ajar dan juga validasi oleh ahli
kebahasaan dan pengembangan materi, serta ahli kegrafikaan. 
Pada akhir pelaksanaan penelitian tahun kedua ini telah terwujud draf
model buku ajar bahasa Inggris bagi SMK Seni dan Kerajinan yang berbasis
budaya lokal dan diberi nama
Glocal: An Integrated Course for Vocational High
School with Arts Concentration.
Model buku ajar bahasa Inggris tersebut
diperuntukkan bagi siswa SMK Seni dan Kerajinan terutama kelas X. Langkah
penyusunan buku ajar dimulai dari penyempurnaan
Course Grid, pengembangan
course Grid menjadi draft awal buku ajar, evaluasi draft pertama oleh ahli 
pengembangan materi dan juga kebahasaan, serta kegrafikaan dan revisi sesuai 
dengan masukan para reviewer tersebut. Adapun model buku ajar yang
dikembangkan terdiri dari 8 unit materi yang disusun sesuai dengan kurikulum
2013 yang diperlakukan di sebagian besar SMK di wilayah DIY.
A1  - Siti, Sudartini, M.A.
A1  - Siwi Karmadi, Kurniasih, M.Hum.
A1  - B Yuniar, Diyanti, M.Hum.
TI  - PENGEMBANGAN MODEL BUKU AJAR BAHASA INGGRIS
BAGI SMK SENI DAN KERAJINAN BERBASIS BUDAYA 
LOKAL
N1  - Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015
ER  -