TY - RPRT PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY36327 Y1 - 2015/// TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP N 1 PAKEM PERIODE 11 AGUSTUS - 11 SEPTEMBER 2015 KW - Mahasiswa KW - PPL KW - Seni Budaya KW - SMP N 1 Pakem AV - public M1 - project_report N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan untuk semua jurusan. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa dapat mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan, dan kemudian menerapkan setiap disiplin ilmu yang telah mereka pelajari sebelumnya. Saat ini kegiatan PPL dilaksanakan secara terbimbing yang penyelenggaraannya di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas tenaga pendidik, khususnya calon guru baik dalam segikualitas maupun kuantitas. Praktek Pengalaman Lapangan bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tentang kegiatan operasional di sekolah sehingga mereka dapat mengabdikan diri bagi sekolah. Mereka juga dapat memiliki bekal keterampilan yang lebih di dalam dunia pendidikan sehingga mereka siap saat akan terjun dalam dunia pendidikan yang sebenarnya nantinya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah diawali dengan observasi tanggal 11 Maret 2015, kemudian pelaksaaan PPL dari tanggal 11 Agustus 2015 sampai 11 September 2015, yang berlokasi di SMP Negeri 1 Pakem. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Pakem ini, penyusun mendapat kesempatan praktek mengajar mata pelajaran Seni Budaya dikelas VII dan VIII yaitu kelas VII D, VIII A, VIII C, VIII D. Penyusun melakukan praktek mengajar di kelas setiap hari Selasa jam pelajaran ke 3-4, Kamis jam pelajaran ke 7-8, Jumat jam pelajaran ke 5-6, dan Sabtu jam pelajaran ke 4-5. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. UR - http://eprints.uny.ac.id/36327/ A1 - Ema Rohimah, Ema Rohimah ER -