TY - THES AV - public KW - kerja laboratorium KW - pendekatan induktif KW - pendekatan deduktifverifikatif KW - pemecahan masalah fisika TI - Penerapan Kerja Laboratorium melalui Pendekatan Induktif dan Pendekatan Deduktif-Verifikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Sakra Provinsi NTB ID - UNY36317 M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/36317/ Y1 - 2012/09/29/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji (1) hubungan antara minat awal fisika dan kemampuan memecahkan masalah fisika peserta didik SMA Negeri 1 Sakra, (2) manakah yang memiliki pengaruh yang lebih baik antara penerapan kerja laboratorium dengan pendekatan induktif dan penerapan kerja laboratorium dengan pendekatan deduktif-verifikatif terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika untuk minat fisika awal tinggi, (3) manakah yang memiliki pengaruh yang lebih baik antara penerapan kerja laboratorium dengan pendekatan induktif dan penerapan kerja laboratorium dengan pendekatan deduktif-verifikatif terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika untuk minat fisika awal rendah, (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran fisika dan minat fisika awal tinggi terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika, dan (5) interaksi antara pendekatan pembelajaran fisika dan minat fisika awal rendah terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain dua faktorial dan menggunakan dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah 197 orang peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sakra. Sampel penelitian terbagi menjadi dua, yaitu kelompok eksperimen I (X.5) sebanyak 30 peserta didik dan kelompok eksperimen II (X.3) sebanyak 30 peserta didik. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan berupa kerja laboratorium dengan pendekatan induktif, sedangkan kelas eksperimen II diberikan perlakuan berupa penerapan kerja laboratorium dengan pendekatan deduktif-verifikatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket minat belajar peserta didik dan soal uraian. Data dianalisis menggunakan regresi dan anova pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat hubungan antara minat awal fisika dan kemampuan memecahkan masalah fisika peserta didik SMA Negeri 1 Sakra, (2) penerapan kerja laboratorium dengan pendekatan induktif tidak memiliki pengaruh yang lebih baik daripada penerapan kerja laboratorium dengan pendekatan deduktif-verifikatif terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika peserta didik untuk minat fisika awal tinggi, (3) penerapan kerja laboratorium dengan pendekatan induktif memiliki pengaruh yang lebih baik daripada penerapan kerja laboratorium dengan pendekatan deduktif-verifikatif terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika peserta didik untuk minat fisika awal rendah, (4) tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran fisika dan minat fisika awal tinggi terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika, dan (5) tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran fisika dan minat fisika awal rendah terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika. PB - UNY A1 - Qusyairi, Lalu A. Hery ER -