?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F36206%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0ADI+SMK+MUHAMMADIYAH+2+MOYUDAN%0D%0ATAHUN+AJARAN+2015%2F2016&rft.creator=Haris+Agus+Setiawan%2C+Haris+Agus+Setiawan&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+salah+satu+mata+kuliah+yang%0D%0Awajib+ditempuh+oleh+setiap+mahasiswa+di+semua+jurusan+pendidikan+di+Universitas%0D%0ANegeri+Yogyakarta.+Program+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+bertujuan+agar%0D%0Amahasiswa+kependidikan+mengetahui%2C+mengenal%2C+dan+memahami+lapangan%0D%0Apendidikan%2C+baik+di+sekolah+ataupun+lembaga+pendidikan+lainnya.+Selain+itu+kegiatan%0D%0Aini+juga+bertujuan+untuk+membekali+mahasiswa+agar+memiliki+kemampuan+berupa%0D%0Aketrampilan+dalam+bidang+pembelajaran+dan+manajerial+sekolah+atau+lembaga%2C+dalam%0D%0Arangka+melatih+dan+mengembangkan+kompetensi+keguruan+atau+kependidikan.%0D%0AKegiatan+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+terbagi+dalam+beberapa%0D%0Atahapan+yaitu+persiapan+mengajar+dan+pelaksanaan+mengajar.+Tahap+persiapan%0D%0Adimulai+dari+observasi+sekolah+dan+observasi+pembelajaran+di+kelas.+Selanjutnya%0D%0Amahasiswa+menempuh+mata+kuliah+micro+teaching+di+kampus+yang+merupakan+mata%0D%0Akuliah+untuk+melatih+mahasiswa+dalam+mengajar.+Pelaksanaan+kegiatan+PPL+dimulai%0D%0Atanggal+10+Agustus+2015+sampai+12+September+2015.+Dalam+praktik+mengajar%2C%0D%0Amahasiswa+diberi+kesempatan+untuk+mengajar+di+kelas+X+AP+1+dan+X+AP+2+mata%0D%0Apelajaran+mengelola+peralatan+kantor+dengan+jumlah+mengajar+sebanyak+10+kali%0D%0Apertemuan%2C+tanpa+pengajaran+insidental.+Sehingga+selama+PPL+praktikan+telah%0D%0Amelaksanakan+10x3+jam+pelajaran.%0D%0ADalam+pelaksanaan+kegiatan+PPL%2C+mahasiswa+juga+mengalami+beberapa%0D%0Ahambatan+yaitu+kurangnya+peralatan+fasilitas+sarana+dan+prasarana+yang+dimiliki%0D%0Apihak+sekolah+yang+dapat+mendukung+proses+pembelajaran%2C+adanya+siswa+yang+tidak%0D%0Asemangat+dalam+belajar%2C+dan+siswa+yang+kurang+proaktif+terhadap+materi+yang%0D%0Adisampaikan.+Hambatan+tersebut+dapat+teratasi+dengan+memodifikasi+peralatan+dan%0D%0Afasilitas%2C+mencoba+mengembangkan+pola+mengajar+yang+bervariasi%2C+menjalin%0D%0Akomunikasi+yang+baik+dan+lancar%2C+dan+memberikan+motivasi+kepada+siswa.%0D%0AMahasiswa+juga+senantiasa+konsultasi+dengan+guru+pembimbing+untuk+mendapatkan%0D%0Ahasil+yang+maksimal.%0D%0ADari+pelaksanaan+kegiatan+PPL+dapat+disimpulkan%2C+bahwa+kegiatan+ini+dapat%0D%0Amemberikan+pengalaman+kepada+mahasiswa+dalam+pengembangan+kompetensi+di%0D%0Abidang+pendidikan%2C+memberikan+kesempatan+kepada+mahasiswa+untuk+belajar+dan%0D%0Amengenal+segala+permasalahan+di+sekolah+yang+terkait+dengan+proses+pembelajaran%2C%0D%0Amemberikan+kesempatan+kepada+mahasiswa+untuk+menerapkan+ilmu%2C+pengetahuan%2C%0D%0Adan+keterampilan+yang+telah+dipelajari+dalam+kehidupan+nyata+di+sekolah%2C+serta+dapat%0D%0Ameningkatkan+hubungan+kemitraan+yang+baik+antara+UNY+dengan+sekolah+yang%0D%0Aterkait.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F36206%2F1%2FLAPORAN%2520PPL_HARIS%2520AGUS%2520SETIAWAN.pdf&rft.identifier=++Haris+Agus+Setiawan%2C+Haris+Agus+Setiawan++(2015)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+DI+SMK+MUHAMMADIYAH+2+MOYUDAN+TAHUN+AJARAN+2015%2F2016.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++