TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/36179/ ID - UNY36179 M1 - tesis AV - restricted KW - pembelajaran KW - materi ajar KW - kooperatif KW - permainan bola voli KW - SMA kelas XI TI - Pengembangan Pembelajaran Penjasorkes Materi Permainan Bola Voli Berbasis Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Di Kabupaten Sleman PB - UNY A1 - Rachmadiyani, Hilda Nur N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan pembelajaran penjasorkes materi permainan bola voli berbasis kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA di Kabupaten Sleman yang layak dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan instrumen pengembangan pembelajaran penjasorkes materi permainan bola voli berbasis kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahap, yaitu: tahap pendahuluan dan tahap pengembangan.Tahap pendahuluan terdiri dari: kajian literatur, kajian penelitian relevan, observasi, dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri dari: penyusunan draf awal, validasi ahli,uji coba instrumen, ujicoba skala kecil, ujicoba skala besar, produk akhir, dan uji keefektifan. Validasi ahli melibatkan 4 orang ahli dengan menggunakan teknik delphi. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 24 siswa dan 1 guru di SMA Negeri 1 Prambanan.Ujicobaskala besardilakukan terhadap48 siswa dan 2 gurudi SMA Negeri 1 Kalasan dan SMA Negeri 1Sleman.Desain uji lapangan menggunakan times series design. Teknikyangdigunakan untukmengumpulkandataadalahkuesioner,isi, observasi, dan tes (penilaian). Analisis data untuk menentukan validitas menggunakan Content Validity Ratio (CVR). Analisis data untuk uji keefektifan menggunakan Uji Sample Paired T Test. Hasilpenelitian iniberupa pengembangan materi ajarpermainan bola voli dengan kooperatif berbasis kompetisi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA di Kabupaten Sleman yang dibuat menjadi modul pembelajaran. Hasil dari penilaian ahli terhadap materi ajar yang dikembangkan adalah valid.Berdasarkan pada indikator dengan konstruksi, konstruksi dengan faktor maka hasil dari penilaian ahli mempunyai nilai validitas isi sebesar 0,981. Pelaksanaan pengembangan pembelajaran penjasorkes materi permainan bola voli berbasis kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA di Kabupaten Sleman ini masuk dalam kategori sangat baik pada uji coba skala kecil maupun uji coba skala besar hal tersebut didasari pada penilaian guru terhadap materi ajar yang dikembangkan. Hasil analisis pada pengembangan pembelajaran penjasorkes materi permainan bola voli berbasis kooperatif Sig2 tiled < 0.5, sehingga dapat disimpulkanmateri ajartersebut efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada permainan bola voli di Kabupaten Sleman dan dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran di sekolah Y1 - 2016/06/30/ ER -