%K media moneria, sikap entrepreneurship, anak usia dini %A Riska Aprilianti %X Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dapat menstimulasi sikap entrepreneurship pada anak usia 5-6 tahun. (2) Menghasilkan sebuah media yang layak digunakan dalam menstimulasi sikap entrepreneurship pada anak, dan (3) untuk mendapatkan hasil yang efektivan dalam menstimulasi sikap entrepreneurship pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Brog & Gall dan Kemp Dayton sehingga menghasilkan tujuh langkah, meliputi : (1) Studi pendahuluan dan perencanaan awal, (2) Pengembangan media, (3) Validasi dan revisi produk, (4) Uji coba terbatas, (5) Revisi akhir dan poduksi media, (6) Uji lapangan, (7) Produk final. Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Pembina Subang. Desain uji coba terbatas menggunakan one shot case study dan pre eksperimenal one group pretest posttest pada uji lapangan. Subjek uji terbatas menggunakan judgment expect terhadap guru dan kemudian media dimainkan oleh enam anak. Subjek uji lapangan dilaksanakan pada kelompok B2 yang terdiri dari 15 anak. Pegumpulan data menggunakan lembar angket, lembar observasi, lembar wawancara, checklist, cacatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk uji keefektifan menggunakan uji wilcoxson dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil pengembangan media moneria ini melalui tahapan perencanaan, desain, dan pencetakan. (1) Dari hasil tersebut tercipta sebuah media yang dapat mestimulasi sikap entrepreneurship pada anak. Adapun hasil pengembangnnya terdiri dari komponen pion, dadu, pengocok, kartu, rumah, uang, dan buku panduan moneria. (2) Penilaian yang ditinjau dari ahli media, materi, dan responden guru menujukan media moneria dalam kategori “baik” dan siap untuk diujicobakan. (3) Pada hasil uji efekvitas menunjukan bahwa terdapat perbedaan sikap entrepreneurship anak antara sebelum dan sesudah menggunakan media moneria dengan hasil singnifikansi 0.01<0.05 %L UNY36176 %T Pengembangan Media Moneria Untuk Mestrimulasi Sikap Entrepreneurship Pada Anak Usia 5-6 Tahun %D 2016 %I UNY