eprintid: 36149 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1258 dir: disk0/00/03/61/49 datestamp: 2016-07-12 06:06:14 lastmod: 2016-07-12 06:06:14 status_changed: 2016-07-12 06:06:14 type: experiment metadata_visibility: show creators_name: Drs. HY. Agus, Murdiyastomo, M.Hum creators_name: Dr. Aman, M.Pd. corp_creators: LPPM UNY title: PENGEMBANGAN MAKET PUSAT-PUSAT PEMERINTAHAN KERAJAAN MATARAM ISLAM SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH ispublished: pub subjects: subject_lppm divisions: lppm full_text_status: public keywords: maket, pemerintahan, dan Mataram Islam note: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015 abstract: Permasalahan pokok yang dialami pembelajaran sejarah selama ini adalah selalu diidentikkan sebagai pembelajaran yang membosankan dan tidak menarik di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana kelayakan maket kerajaan Mataram Islam yang dikembangkan baik melalui penilaian ahli, guru, maupun siswa. Metode penelitian tahap dua ini dimulai dengan membuat desain maket yang akan dikembangkan dan menentukan tahap-tahap pelaksanaan uji desain maket di lapangan setelah maket jadi. Kegiatan yang dilakukan peneliti pada tahap ini yaitu melakukan rencana tahap-tahap pelaksanaan uji coba ahli dan uji coba satu-satu. Proses validasi maket melibatkan 2 ahli media dan 2 ahli materi, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah maket yang dikembangkan dalam penelitian ini sudak layak untuk dilakukan uji operasional lapangan pada tahap III.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kerajaan Mataram telah mengalami empat kali perpindahan Kota Gede, Pleret, Kartasura dan Surakarta. Dalam penelitian ini, maket keraton yang dikembangkan adalah maket keraton di Kota Gede dan Pleret berdasarkan berbagai pertimbangan sesuai dengan rencana penelitian semula. Langkah awal pembuatan maket adalah dengan membuat desain maket mengacu pada teori pembangunan sebuah kerajaan yang mengatur pusat pemerintahan dan bagian-bagian penting yang menyertainya. Setelah desain dinilai laik oleh tim peneliti dan ahli sejarah yang dilibatkan dalam diskusi, maka maket dibuat dengan melibatkan para tukang atau pengrajin kayu. Setelah maket jadi, maka selanjutnya adalah divalidasi oleh ahli media 3 orang, dan validasi materi menganai maket tersebut 3 orang. Setelah dianggap laik oleh para ahli, maka selanjutnya diuji coba satu-satu terhadap 10 siswa SMA N 5 Yogyakarta dan 3 guru sejarah di SMAN 5 Yogyakarta dan SMA N 1 Sayegan, dan SMA Islam I Gamping Sleman. Berdasarkan validasi alhi materi, rata-rata skor hasil penilaian untuk materi terkait maket sebesar 4.16 menunjukkan bahwa materi termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil validasi maket oleh ahli media menunjukkan skor rata-rata 4.45 termasuk dalam kategori sangat baik. Untuk penilaian guru terhadap media menunjukkan skor rata-rata 4.33 atau kategori sangat baik, dan berdasarkan penilaian siswa terhadap maket menunjukkan rerata skor 4.54 atau kategori sangat baik. Dengan demikian menunjukkan bahwa secara keseluruhan media maket yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran sejarah di SMA. date: 2015 date_type: published citation: Drs. HY. Agus, Murdiyastomo, M.Hum and Dr. Aman, M.Pd. (2015) PENGEMBANGAN MAKET PUSAT-PUSAT PEMERINTAHAN KERAJAAN MATARAM ISLAM SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH. [Experiment/Research] document_url: http://eprints.uny.ac.id/36149/1/ARTIKEL%20%20PENELITIAN%20HIBAH%20BERSAING%20PAK%20AGUS%202015.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/36149/2/LAPORAN%20PENELITIAN%20HIBAH%20BERSAING%20PAK%20AGUS%202015.docx