%0 Thesis %9 S1 %A Akdiana, Fani %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:36147 %I PGSD %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE AKSARA JAWA UNTUK KELAS IV SD N SAMIRONO %U http://eprints.uny.ac.id/36147/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scramble aksara Jawa yang dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Jawa di kelas IV SD N Samirono. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model Borg and Gall (1983) melalui tiga tahap yaitu exploration, draft development, dan field testing. Pada tahap exploration dilaksanakan observasi dan wawancara tidak terstruktur di kelas IV SD N Samirono. Selanjutnya tahap draft development dilakukan pembuatan produk awal media dan validasi ahli. Validasi ahli terdiri atas validasi materi dan media. Setelah media dinyatakan layak oleh validator, pada tahap field testing media diujicobakan pada 31 anak kelas IV SD N Samirono. Tahap field testing dibagi tiga yaitu uji coba pendahuluan kepada 2 siswa kelas IV SD N Samirono, uji coba kelompok kecil kepada 10 siswa kelas IV SD N Samirono, dan uji coba lapangan kepada 19 siswa kelas IV SD N Samirono. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan angket. Hasil validasi media scramble aksara Jawa dengan menggunakan angket oleh ahli materi memperoleh skor 4,5 (Sangat Baik) dan oleh ahli media memperoleh skor 4,6 (Sangat Baik). Selanjutnya, media diujicobakan kepada siswa kelas IV SD N Samirono dengan menggunakan angket tanggapan siswa terhadap media scramble aksara Jawa. Pada tahap uji coba pendahuluan memperoleh skor 3,95 (Baik), uji coba kelompok kecil memperoleh skor 3,82 (Baik), dan uji coba lapangan memperoleh skor 3,921 (Baik). Kata kunci: media pembelajaran, scramble aksara Jawa, kelas IV SD