@phdthesis{UNY36136, title = {Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Model Self-Regulated Learning terhadap Scientific Literacy dan General Life Skills Peserta Didik Kelas VII SMP di Kota Kendal}, author = {Nur Khanifah}, month = {June}, year = {2016}, school = {UNY}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh pembelajaran IPA berbasis model self-regulated learning (MSRL) terhadap scientific literacy (SL) dan general life skills (GLS) peserta didik kelas VII di Kota Kendal, (2) pencapaian SL kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran IPA berbasis MSRL dengan pencapaian kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran IPA konvensional, (3) pencapaian GLS kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran IPA berbasis MSRL dengan pencapaian kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran IPA konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi peserta didik kelas VII SMP di Kota Kendal yang menerapkan Kurikulum 2013. Sampel kelompok peserta didik sebanyak tiga sekolah ditentukan berdasarkan teknik stratified cluster random sampling dan diperoleh kelompok peserta didik SMPN 1 Weleri untuk sekolah kategori tinggi, kelompok peserta didik SMPN 1 Brangsong untuk sekolah kategori sedang, dan kelompok peserta didik SMPN 1 Kendal untuk sekolah kategori rendah. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol pada masing-masing sekolah dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur SL adalah tes uraian terbuka dan instrumen untuk mengukur GLS adalah angket penilaian diri dan penilaian antar teman. Uji MANOVA dilakukan untuk mengetahui pengaruh MSRL terhadap kedua variabel terikat. Adapun pengaruh MSRL terhadap masing-masing variabel terikat dilakukan dengan uji t dan atau uji U-mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada semua kategori sekolah SMP di Kota Kendal, pembelajaran IPA berbasis MSRL berpengaruh signifikan terhadap SL dan GLS peserta didik kelas VII SMP; (2) pada semua kategori sekolah SMP di Kota Kendal, pencapaian rata-rata SL kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA berbasis MSRL lebih tinggi secara signifikan dibandingkan pencapaian rata-rata kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran IPA konvensional; (3) pada sekolah SMP kategori tinggi dan rendah, pencapaian rata-rata GLS kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA berbasis MSRL lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan pencapaian rata-rata kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran IPA konvensional, sedangkan pada sekolah kategori sedang pencapaian rata-rata GLS kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA berbasis MSRL tidak lebih tinggi dibandingkan dengan pencapaian rata-rata kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran IPA konvensional}, keywords = {model self-regulated learning, scientific literacy, general life skills}, url = {http://eprints.uny.ac.id/36136/} }