%0 Report %9 Project Report %A Puthut Probolaksono, Puthut Probolaksono %D 2015 %F UNY:36131 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, Desain Program, Manajemen Diklat %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/36131/ %X Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah menerapkan barbagai kemampuan profesional kegiatan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata. Kegiatan praktik pengalaman lapangan dilaksanakan dari tanggal 11 Agustus – 11 September 2015 di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta. Praktek magang/PPL di laksanakan oleh 13 orang mahasiswa yaitu terdiri dari Program Manajemen Diklat dan Desain Penyusunan Program. Dalam program tersebut mahasiswa di bagi menjadi 3 kelompok dengan satu pembimbing. Pada Program Manajemen Diklat di bagi menjadi 3 kelas dan Desain Program di bagi menjadi 3 wilayah binaan dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta. Pelaksanaan program PPL berjalan dengan lancar, namun program utama yaitu Family Development Session tidak dapat dilaksankan karena kurangnya waktu PPL. Meskipun terdapat beberapa faktor penghambat dalam proses pelaksanaannya tetapi berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak terutama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan instruktur serta kerja keras tim yang selalu menjaga kekompakan sehingga kami dapat menyelesaikan rangkaian program yang telah kami susun. Dengan demikian, dari kegiatan PPL PLS di BBPPKS mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam dan luas tentang dunia kerja di Pendidikan Luar Sekolah. Sehingga mahasiswa menjadi semakin termotivasi dan yakin akan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi ke-PLS-an yang dimiliki.