eprintid: 36120 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/61/20 datestamp: 2016-07-12 04:34:07 lastmod: 2019-10-01 11:48:20 status_changed: 2016-07-12 04:34:07 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Friska Zana Mustika, Friska Zana Mustika title: LAPORAN AKHIR PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN YOGYAKARTA DESA PURWOMARTANI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLS, Desain Program, Manajemen Diklat abstract: Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 berlokasi di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial dilaksanakan mulai dari proses penerjunan pada tanggal 11 Agustus 2015 sampai penarikan pada tanggal 11 September 2015. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah jurusan yang menghasilkan tenaga akademis yang dituntut mampu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan masyarakat, mendesain, mengelola, mengembangkan, mengevaluasi serta mengendalikan mutu program. Oleh karena itu, salah satu kegiatan PPL PLS relevan dengan program yang ada di BBPKS. Seperti program setting lembaga dan setting masyarakat yang ada di bidang Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial. Selain itu, adanya program di bidang penyelenggara diklat yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki mahasiswa PLS. Berdasarkan kompetensi mahasiswa PLS dan program yang ada di instalasi laboratorium pekerja sosial maka mahasiswa melakukan kegiatan desain bimbingan teknis untuk program Setting Masyarakat. Kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan Training Need Assesment (TNA) di SDN Bokoharjo, Prambanan. Setelah diperoleh data dari kegiatan TNA dilakukan analisis terhadap masalah, sumber dan potensi. Sehingga dari analisis dapat diketahui kebutuhan dari masing – masing lokasi. Dengan demikian, mahasiswa merancang desain kurikulum dari hasil analisis kebutuhan untuk menjadi pedoman dalam kegiatan bimbingan teknis yang akan dilakukan di SDN Bokoharjo, Prambanan. Dalam kegiatan penyelenggaraan diklat mahasiswa dilibatkan dalam tiga bagian penyelenggaraan yaitu panitia, pendamping kelas dan Co-Fasilitator. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan diklat. Dengan demikian, dari kegiatan PPL PLS di BBPPKS mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam dan luas tentang dunia kerja di Pendidikan Luar Sekolah. Sehingga mahasiswa menjadi semakin termotivasi dan yakin akan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi ke-PLS-an yang dimiliki. date: 2015 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Friska Zana Mustika, Friska Zana Mustika (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN YOGYAKARTA DESA PURWOMARTANI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/36120/1/LAPORAN%20FRISKA.pdf