%T Laporan Individu Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Depok %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %D 2015 %J laporan ppl %K Praktik Pengalaman L apangan (PPL), Proses Pembelajaran %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/ Magang III adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Dengan PPL/magang III Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh magang I, magang II yang diaplikasikan di sekolah guna memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. PPL/ Magang III bertujuan untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat menjadi tenaga professional pendidikan. Kegiatan PPL/Magang ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL/ Mangang III langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat Praktik Pengalaman Lapangan ini adalah SMP Negeri 2 Depok yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Wujud pelaksanaan PPL ini adalah mengajar di kelas sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Waktu yang digunakan untuk satu kali tatap muka adalah 2x40 menit. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas lebih dari yang dipersyaratkan p, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 4 kelas, yaitu kelas VII A, VII B, VII C dan VII D dengan kurikulum 2006. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, presentasi, dan penugasan. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain audio, gambar dan berbagai media lain. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL/ Magang III, akan tetapi hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Secara umum pelaksanaan PPL/ Magang III di SMP N 2 Depok berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang baik dengan beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Adanya kerjasama, kerja keras, tanggung jawab, serta kedisiplinan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL/ mangng III dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL/ Mangng III ini diharapkan dapat menciptakan tenaga pendidik yang berkualitas dan professional. %A Indari Sulistiana Indari Sulistiana %L UNY36061