%I UNY %L UNY3606 %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menyusun dan menilai kualitas buku ajar kimia organik untuk kelas XI sekolah menengah farmasi (5MF) berdasarkan penilaian guru kimia. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap I (perencanaan), tahap II (penyLisunan), dan tahap III (validasi). Isi buku ajar ini terdiri dari 6 materi pokok, yaitu bab 1 pendahLiluan, bab 2 senyawa alifatik, bab 3 gugus fungsi, bab 4 alkohol dan eter, bab 5 aldehida dan keton, dan bab 6 asam karboksilat dan ester. Produk awal buku ajar ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, 2 orang ahli media, dan 3 orang pecr reviewer yang selanjutnya dilakukan revisi. froduk revisi dinilai oleh 5 orang guru kimia dengan menggunakan instrumen penilaian buku ajar yang meliputi 4 komponen utama yaitu komponen kelayakan is], kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Hasil penelitian berupa buku ajar kimia organik kelas XI SMF. Kualitas buku ajar yang telah disusum berdasarkan penilaian guru diperoleh skor rata-rata 127,8 dengan persentase sebesar 88,12 °%, yang berarti bahwa buku ajar tersebut memiliki kriteria kualitas sangat baik (SI3). %D 2010 %T PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA ORGANIK UNTUK KELAS XI SEKOLAH MENENGAH FARMASI (SMF) %A Nisa Farida Khoirun