%I UNY %T Pengaruh Pembelajaran IPA dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Sosial Peserta Didik di SMPN 1 Mantewe Kalimantan Selatan %D 2012 %L UNY36040 %A Dwi Juwita Sari %K model pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi belajar, hasil belajar kognitif, keterampilan sosial %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) pengaruh pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Mantewe, 2) pengaruh pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe STAD hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Mantewe, 3) pengaruh pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe STAD keterampilan sosial peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Mantewe, dan 4) perbedaan pengaruh pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe STAD dan pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar, hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Mantewe. Penelitian ini merupakan quasi-exsperiment dengan pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mantewe semester II tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah dua kelas dan ditentukan secara acak. Instrumen penelitian berupa lembar angket motivasi dan keterampilan sosial serta tes soal pilihan ganda hasil belajar kognitif yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Lembar pedoman observasi motivasi belajar dan keterampilan sosial digunakan selama pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik uji t dan uji Manova. Pengujian dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Mantewe, 2) terdapat pengaruh positif pembelajaran IPA dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Mantewe, 3) terdapat pengaruh positif pembelajaran IPA dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD keterampilan sosial peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Mantewe, dan 4) terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe STAD dan pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar, hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Mantewe.