@phdthesis{UNY35902, school = {FIS}, title = {Penggunaan Situs Google Search dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMA N 1 Tempel}, author = {Yusuf Andriyanto}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35902/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penggunaan google search sebagai media dan sumber belajar PKn oleh guru dan siswa; 2) Untuk mengetahui cara guru dan siswa dalam memilih materi PKn yang sesuai dari hasil pencarian menggunakan google search. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dengan teknik purposive yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru PKn, dan siswa kelas X di SMA N 1 Tempel. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analis data menggunakan: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penggunaan situs google search sebagai media belajar oleh guru maupun siswa di SMA N 1 Tempel sudah dilakukan. Guru dapat memaksimalkan kinerja siswa dengan cara, siswa diharapkan untuk selalu aktif dalam setiap pelajaran. Dengan proses pembelajaran yang menggunakan media dan sumber belajar dari google siswa terlihat lebih memperhatikan. Dengan memanfaatkan google sebagai media dan sumber belajar, siswa mendapatkan berbagai informasi tambahan yang tidak tercantum di dalam buku, sehingga wawasan siswa lebih luas. Siswa berpendapat bahwa, sumber belajar yang didapat dari google sangatlah praktis, karena bisa mengakses internet dimana saja dan kapan saja; 2) Hasil pencarian materi yang diperoleh dari google, disesuaikan dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang menjadi pedoman dalam pembelajaran. Apabila materi yang diperoleh rancu, maka guru tidak akan menggunakan materi tersebut. Siswa menentukan materi PKn yang sesuai dengan apa yang ditugaskan oleh guru dengan cara a) membaca dari hasil pencarian satu-persatu dan menyesuaikannya dengan buku PKn, b) para siswa tidak sungkan menanyakan kepada guru apakah materi yang diperoleh sudah sesuai dengan apa yang diharapkan guru dan sesuai dengan RPP atau belum. Kata kunci: pendidikan kewarganegaraan, media pembelajaran, google search} }