%I FIS %L UNY35890 %A Ratna Dwi Puspitasari %D 2016 %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan film kartun materi dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam sebagai sumber belajar IPS siswa kelas VII SMP; dan 2) mengetahui kelayakan film kartun dengan materi dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam sebagai sumber belajar IPS untuk siswa SMP kelas VII berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media, guru IPS SMP serta tanggapan siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dan mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Sleman. Teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi, serta lembar penilaian untuk guru IPS dan siswa. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan Film Kartun sebagai sumber belajar IPS dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: pembuatan karakter, pembuatan sinopsis, pembuatan flowchart, pembuatan storyboard, pembuatan skenario, menentukan pengisi suara, menyusun semua bagian hingga menjadi film kartun; 2) berdasarkan ahli media, ahli materi dan guru IPS film kartun dengan materi dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam dinyatakan layak sebagai sumber belajar, dinyatakan layak dikarenakan seluruh aspek penilaian memperoleh hasil baik dari ahli materi, ahli media, guru IPS maupun siswa. Film kartun dinyatakan baik pada aspek tampilan dan audio dan layak untuk kelas VII SMP. Kata kunci: Film Kartun, Sumber Belajar, IPS %T PENGEMBANGAN FILM KARTUN MATERI DAMPAK AKTIVITAS MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP