eprintid: 35843 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/58/43 datestamp: 2016-07-01 01:24:29 lastmod: 2019-10-01 11:53:52 status_changed: 2016-07-01 01:24:29 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Yeni Rahayuningsih, Yeni Rahayuningsih title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SLEMAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktik pengalaman lapangan (PPL), bahasa Jawa, SMA N 1 Sleman, kelas XI abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMA N 1 Sleman, berlokasi di Jalan Magelang Km. 14 Medari, Caturharjo, Sleman ini bertujuan untuk meningkatkan potensi, bakat dan minat peserta didik guna menunjang proses belajar mengajar, membantu meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung proses belajar mengajar. Mahasiswa mulai aktif penuh di sekolah sebagai tanda pelaksanaan PPL, terhitung dari tanggal 10 Agustus - 12 September 2015. Pelaksanaan PPL diawali dengan kegiatan observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program ke pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL PPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program. Pada kegiatan PPL di SMA N 1 Sleman ini, mahasiswa mengajar di tujuh kelas yaitu kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI MIA 4, XI MIA 5, XI IIS 1, dan XI IIS 2 untuk materi Pranatacara dan Campursari. Untuk masing-masing kelas, mahasiswa mendapat kesempatan mengajar selama 2 jam setiap pekan. Selain praktik mengajar, mahasiswa juga belajar membuat perangkat pembelajaran yang memberikan banyak pengalaman dan manfaat sebagai calon guru bahasa Jawa. Selama pelaksanaan program PPL ini dapat disimpulkan bahwa target penggunaan jam selama pelaksanaan PPL telah tercapai dalam yaitu sebanyak 231 jam dan materi yang harus disampaikan telah mencapai target Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditentukan. Namun begitu dalam pelaksanaannya tentu saja ada beberapa hambatan-hambatan yang ditemui sepanjang melaksanakan kegiatan PPL. Oleh karena itu, diperlukan komunikasi, dedikasi, dan loyalitas dalam pelaksanaan pengajaran sehingga guru dan peserta didik dapat terjadi proses transfer pengetahuan yang optimal. Dengan demikian diharapkan tujuan dari program-program yang dilaksanakan mampu bermanfaat bagi sekolah. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Yeni Rahayuningsih, Yeni Rahayuningsih (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35843/1/1.%20YENI%20RAHAYUNINGSIH_12205241069_PEND%20BAHASA%20DAERAH.pdf