TY - THES N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Hal ini mengindikasikan adanya kesulitan belajar yang dihadapi siswa di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi siswa dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri 5 Yogyakarta, dan (2) cara guru mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dalam mempelajari mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Guru mata pelajaran sejarah sebanyak 3 guru dan peserta didik kelas X, XI, XII di SMK Negeri 5 Yogyakarta sebanyak 9 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri 5 Yogyakarta terdiri dari (a) faktor internal berupa peserta didik memiliki minat belajar yang rendah dalam belajar sejarah, materi sejarah dianggap sulit oleh peserta didik, rendahnya tingkat intelegensi para peserta didik, peserta didik memiliki kebiasaan belajar yang kurang disiplin; dan (b) faktor eksternal berupa metode pembelajarannya masih menggunakan metode diskusi, ceramah, persentasi, media berupa LCD banyak yang rusak, minimnya sumber bacaan, frekuensi membaca buku pembelajaran sejarah rendah, dan sarana prasarana kurang mendukung; (2) cara guru mengatasi kesulitan belajar melalui remidi yaitu guru meriview materi yang dirasa sulit oleh peserta didik, menggunakan media mind mapping, guru memberikan jam tambahan pelajaran pada materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Sedangkan, cara guru mengatasi kesulitan belajar pada saat kegiatan belajar mengajar yaitu memberikan materi tambahan yang dirasa sulit dipelajari, memberikan evaluasi serta teguran, mengumpulkan data tentang kemajuan siswa dalam pembelajaran sejarah, mengamati tingkah laku peserta didik, mengenal peserta didik yang memerlukan bantuan khusus, mengadakan komunikasi dengan orang tua peserta didik untuk memperoleh keterangan dalam pendidikan anak, membuat catatan pribadi peserta didik, menyelenggarakan bimbingan kelompok ataupun individual. Kata kunci: Kesulitan Siswa, Mempelajari Sejarah, SMK 5 Negeri Yogyakarta M1 - skripsi UR - http://library.fis.uny.ac.id ID - UNY35841 Y1 - 2016/// AV - public PB - FIS TI - KESULITAN-KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMPELAJARI SEJARAH DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA A1 - Pratiwi, Galuh Tika Indria ER -