eprintid: 35827 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/58/27 datestamp: 2016-06-30 08:07:22 lastmod: 2019-10-01 11:49:34 status_changed: 2016-06-30 08:07:22 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Khadik Agung Priangga, Khadik Agung Priangga title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK PI AMBARRUKOMO 1 SLEMAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Pendidikan, PPL, SMK PI AMBARRUKMO 1 Sleman abstract: Progrma Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara mengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitu masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMK PI AMBARRUKMO 1 Sleman beralamat di Jalan Cinderawasih No. 125, Mancasan Lor, Depok, Sleman, DIY dan berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan yang dilakukan praktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran pendidikan jasmani kelas X AP 1, X AP 2, XI AP 1, XI AP 2, XII AP 1 dan XII AP 2. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL, dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada tanggal Agustus 2015, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2015, kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 10 Agustus - 12 September 2015 yaitu di kelas X AP 1, X AP 2, XI AP 1, XI AP 2, XII AP 1, dan XII AP 2. Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya dengan Pendidikan Matematika. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Khadik Agung Priangga, Khadik Agung Priangga (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK PI AMBARRUKOMO 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35827/1/Khadik%20Agung%20Priangga_12601241041_Pendidikan%20Jasmani%20Kesehatan%20dan%20Rekreasi.pdf