eprintid: 35825 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/58/25 datestamp: 2016-06-30 08:03:05 lastmod: 2019-10-01 11:49:00 status_changed: 2016-06-30 08:03:05 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Iga Bellina, Iga Bellina title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PI AMBARRUKMO 1 SLEMAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Laporan, PPL , SMK PI Ambarrukmo 1 Sleman abstract: Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu institusi pendidikan tetap mempertahankan dan mengembangkan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional. Salah satu yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal kepada mahasiswa berupa kegiatan kurikuler PPL sebagai mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY khususnya prodi kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini praktik pengalaman lapangan digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di SMK PI Ambarrukmo 1 Sleman yang berlokasi terletak di Jl. Cendrawasih 125 Mancasan Lor CC, Depok Sleman Yogyakarta. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. PPL juga dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kegiatan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Hasil pelaksanaan praktik pengalaman lapangan yang diadakan di SMK PI Ambarrukmo 1 Sleman selama 1 bulan ini dapat dipetik manfaatnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan tentang teori dan praktik bidang Pendidikan Bahasa Prancis yang diperoleh dari kegiatan perkuliahan di UNY dengan baik. Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah. Pengetahuan mengenai inovasi cara pengajar juga diterapkan dalam kegiatan PPL, meliputi pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik, dan penggunaan metode yang kontekstual sesuai keadaan siswa. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu ini. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesungguhnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2015 di SMK PI Ambarrukmo 1 Sleman memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun lembaga sekolah. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Iga Bellina, Iga Bellina (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PI AMBARRUKMO 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35825/1/Iga%20Bellina_12204241007_Pendidikan%20Bahasa%20Perancis.pdf